Kompas TV internasional kompas dunia

OPEC Plus Ambil Keputusan untuk Tingkatkan Produksi di tengah Meroketnya Harga Minyak Bumi

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 04:05 WIB
opec-plus-ambil-keputusan-untuk-tingkatkan-produksi-di-tengah-meroketnya-harga-minyak-bumi
OPEC dan negara mitra termasuk Rusia, Kamis, (2/6/2022) sepakat genjot produksi harian minyak mentah sebanyak 648.000 barel per hari bulan Juli dan Agustus (Sumber: AP Photo/Lisa Leutner, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV — Organisasi Negara-negara Penghasil Minyak OPEC dan negara mitranya termasuk Rusia sepakat meningkatkan produksi harian minyak mentah sebanyak 648.000 barel per hari pada bulan Juli dan Agustus.

Kesepakatan ini menawarkan sedikit napas lega bagi ekonomi dunia yang saat ini terpojok akibat lonjakan harga energi dan meroketnya inflasi, seperti laporan Associated Press, Kamis (2/6/2022).

OPEC membuat keputusan tersebut pada Kamis (2/6) bersama mitranya, yang dikenal sebagai OPEC+, memulihkan pemotongan produksi yang dibuat selama resesi akibat pandemi Covid-19.

OPEC+ sebelumnya sudah menambah produksi 432.000 barel per hari setiap bulan untuk secara bertahap memulihkan pengurangan produksi dari tahun 2020.

Langkah untuk meningkatkan produksi lebih cepat dari yang direncanakan itu datang karena kenaikan harga minyak mentah mendorong harga bensin ke rekor tertinggi di Amerika Serikat (AS).

Ini berpotensi jadi masalah potensial bagi Presiden AS Joe Biden dalam pemilihan paruh waktu Kongres musim gugur ini.

Ada kekhawatiran bahwa kenaikan harga energi dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi global yang saat ini masih terseok-seok berupaya bangkit dari hantaman pandemi Covid-19.

AS menyambut baik keputusan itu.

“Amerika Serikat akan terus menggunakan semua alat yang dimiliki untuk mengatasi tekanan harga energi," ujar sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan.

Kenaikan itu tampaknya belum meredakan kekhawatiran tentang ketatnya pasokan, sementara harga minyak justru melonjak naik setelah keputusan itu diumumkan hari Kamis.

Baca Juga: OPEC Tetap dengan Kebijakan Sedikit Penambahan Produksi Minyak Mentah Meski Ada Kekhawatiran Perang

Kilang minyak Dhahran, Arab Saudi. OPEC dan negara mitra termasuk Rusia, Kamis, (2/6/2022) sepakat genjot produksi harian minyak mentah sebanyak 648.000 barel per hari bulan Juli dan Agustus. (Sumber: Ahmad el Itani/Saudi Aramco)

Minyak mentah AS yang turun sebanyak $3 per barel di awal hari, berbalik arah dan diperdagangkan naik 0,9 persen pada $116,23 per barel. Patokan internasional Brent naik 0,7 persen pada $117,02 per barel.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x