Kompas TV internasional kompas dunia

OPEC Tetap dengan Kebijakan Sedikit Penambahan Produksi Minyak Mentah Meski Ada Kekhawatiran Perang

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 22:42 WIB
opec-tetap-dengan-kebijakan-sedikit-penambahan-produksi-minyak-mentah-meski-ada-kekhawatiran-perang
OPEC dan mitra produsen minyak, termasuk Rusia, memutuskan berapa banyak minyak mentah yang akan dipompa ke dunia Kamis, 31 Maret 2022, dengan ekspektasi untuk peningkatan moderat meskipun ada permintaan untuk lebih. (Sumber: AP Photo/Lisa Leutner, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - OPEC dan mitra produsen minyak mentah termasuk Rusia hari Kamis memutuskan tidak meningkatkan produksi, hanya mempertahankan sedikit penambahan jumlah minyak mentah yang mereka produksi, sebuah langkah yang mendorong harga menjadi lebih tinggi bahkan ketika pemerintah Amerika Serikat berencana mencoba menurunkannya harga dengan merilis minyak dari cadangan strategis Amerika Serikat.

Dilaporkan Associated Press, Kamis (31/3/2022), OPEC+ akan menambah 432.000 barel per hari pada bulan Mei, sambil bekerja secara bertahap memulihkan pengurangan produksi yang dilakukan selama pandemi virus corona.

Jumlah kenaikan tersebut naik sedikit dari 400.000 barel di bulan-bulan sebelumnya, di mana para pejabat mengatakan mereka merevisi tingkat produksi dasar.

Aliansi tersebut tidak tergerak permintaan dari negara-negara konsumen minyak untuk memompa lebih banyak minyak karena harga energi melonjak dan memicu inflasi di seluruh dunia.

Harga tinggi telah membantu Rusia, eksportir terbesar dunia dengan 12 persen dari pangsa pasar global, mengimbangi beberapa beban ekonomi dari sanksi Barat atas invasinya ke Ukraina.

Sanksi Amerika Serikat dan Eropa telah memberikan pukulan telak bagi ekonomi Rusia, tetapi memberi pengecualian untuk pembayaran energi.

Baca Juga: Arab Saudi dan Uni Emirat Arab Tegaskan Rusia Mitra Penting, OPEC Tidak Bisa Dipaksa Usir Mitra

Seorang kakek memeriksa harga bensin di pompa bensin Amerika Serikat. OPEC dan mitra produsen minyak, termasuk Rusia, memutuskan berapa banyak minyak mentah yang akan dipompa ke dunia Kamis, 31 Maret 2022, dengan ekspektasi untuk peningkatan moderat meskipun ada permintaan untuk lebih. (Sumber: AP Photo/Nam Y. Huh, File)

Itu adalah konsesi Amerika Serikat untuk sekutu Eropanya yang jauh lebih bergantung pada energi Rusia daripada Amerika Serikat, yang kini melarang impor minyak Rusia.

Eropa sebaliknya mendapat 40 persen gas alam dan 25 persen minyaknya dari Rusia, dan para pejabat di sana menghindari boikot, alih-alih bertujuan untuk mengurangi ketergantungan melalui konservasi dan meningkatkan energi angin dan matahari secepat mungkin dalam beberapa tahun ke depan.

Harga minyak meningkat karena permintaan global rebound untuk bahan bakar mobil, truk dan pesawat terbang. Perang mendorong harga semakin tinggi karena kekhawatiran minyak Rusia mungkin hilang di pasar dunia jika sanksi diperketat.

Mereka memiliki pengaruh besar pada berapa banyak pengemudi AS yang membayar per galon di pompa bensin, di mana minyak mentah terhitung sekitar setengah dari harga satu galon gas.

Untuk memerangi harga bensin yang tinggi, rata-rata USD4,24 per galon, naik USD1,38 dari tahun lalu, Presiden AS Joe Biden sedang bersiap untuk memerintahkan pelepasan hingga 1 juta barel per hari dari cadangan minyak strategis, yang akan diumumkan hari Kamis di Amerika Serikat.

Bahan bakar diesel untuk truk, peralatan pertanian, dan pabrik juga melonjak harganya, menjadi rata-rata USD5,25 per galon, naik USD2,02 dari tahun lalu, menurut Pengelola Informasi Energi AS.

Baca Juga: Harga Minyak Cetak Rekor karena Arab Saudi Tolak Tambah Produksi OPEC+

Miniatur pompa sumur minyak. OPEC dan mitra produsen minyak, termasuk Rusia, memutuskan jumlah minyak mentah yang akan dipompa ke dunia, dengan ekspektasi untuk peningkatan moderat meskipun ada permintaan lebih. (Sumber: Antara)

Pada bulan November lalu, Gedung Putih mengumumkan pelepasan 50 juta barel sambil berkoordinasi dengan negara lain, dan setelah perang Ukraina dimulai, AS dan 30 negara lain menyepakati pelepasan tambahan 60 juta barel.

Harga minyak merosot di tengah ekspektasi rilis baru, tetapi analis di bank UniCredit mengatakan dampak dari pergerakan seperti itu pada harga "biasanya berumur pendek." Itu karena cadangan terbatas, dan kekurangan produksi bersifat terbuka.

Begitu cadangan turun di bawah tingkat tertentu, pasar mungkin khawatir cadangan tersebut tidak akan cukup untuk memerangi kekurangan lebih lanjut, kemudian harga akan naik.

Harga minyak Amerika Serikat turun 6,3 persen, menjadi USD100,99 per barel, sementara minyak mentah acuan internasional Brent turun 5,6 persen, menjadi USD107,50 per barel.

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.