Kompas TV nasional peristiwa

Megawati dalam Harlah Pancasila: Kita Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dari Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 11:39 WIB
megawati-dalam-harlah-pancasila-kita-pulih-lebih-cepat-bangkit-lebih-kuat-dari-pandemi-covid-19
Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dalam momentum hari lahir Pancasila mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dari pandemi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Megawati Soekarnoputri dalam rangkaian upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6/2022).

“Dalam momentum hari lahir Pancasila tahun ini, kita pulih lebih cepat bangkit lebih kuat dari pandemi covid 19,” ujar Megawati.

“Mari kita Bangkit Bersama membangun peradaban dunia, salam Pancasila,” tambah Megawati.

Megawati mengatakan, Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sebagai titik kesepakatan para pendiri bangsa yang harus menjadi roh pada setiap sendi kehidupan anak bangsa pada saat ini dan pada masa mendatang.

Baca Juga: Pakai Setelan Adat Melayu, Wapres Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

Menurutnya, nilai yang terkandung dalam Pancasila berasal dari nilai luhur nenek moyang yang mencerminkan nilai agung sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tanggal 1 Juni 1945 dijadikan momentum lahirnya Pancasila karena pada saat itulah pertama kali nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang digali dan dirumuskan untuk menjawab Dasar Negara Indonesia merdeka pada saat masa sidang pertama BPUPK,” tuturnya.

“Rumusan itu disampaikan secara komprehensif oleh Bung Karno dihadapan para peserta sidang BPUPK, rumusan ini kemudian dibahas dalam pertemuan pertemuan para pendiri bangsa dan rumusan final dituliskan dalam pembukaan undang-undang Dasar 1945 yang merupakan satu tarikan nafas yang tidak bisa dipisahkan,” lanjutnya.

Megawati lebih lanjut menceritakan perjalanan kelahiran Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara tidak lepas dari dialog antara para pendiri bangsa dari berbagai macam latar belakang golongan, agama, suku, dan budaya.

Baca Juga: Jokowi: Kita Semua Sepakat untuk Berlandaskan pada Pancasila, Harus Betul-Betul Diamalkan

Namun, sambungnya, dengan kebesaran hati dan didasari semangat kebangsaan untuk menuju Indonesia merdeka berdaulat adil dan makmur para pendiri bangsa bisa duduk bersama dan mendiskusikan dasar negara.

Oleh karena itu, Megawati menegaskan semangat pendiri bangsa ini harus tetap kita tanamkan sampai kapanpun dengan semangat gotong royong, dijiwai semangat persatuan demi bangsa dan negara.

“Hal ini adalah bukti kita cinta NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bukti kita bertindak sesuai dengan nilai Pancasila, karena dengan bersatu kita pasti mampu untuk menuju Indonesia Raya,” kata Megawati.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x