Kompas TV regional berita daerah

Lepas Parrot Catalina dan Maui Sunrise Terbang Bebas

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 23:50 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Dwi Antoro, seorang warga di Balikpapan Kalimantan Timur nekat melepas burung parrot atau paruh bengkok kesayangannya, dari lantai dua rumahnya, tanpa ada rasa keraguan.

Sepasang burung paruh bengkok jenis Catalina dan Maui Sunrise seharga 500 juta rupiah ini menyabet juara satu lomba free fly di Semarang pada tahun 2021.

Namun karena burung jenis ini dikenal pintar dan mengenali pemiliknya, maka seketika kembali ke pria yang dikenal di kalangan pecinta burung paruh bengkok dengan sebutan Razka. Bahkan tak jarang burung ini bisa terbang hingga satu jam di udara.

Selain itu ada 6 ekor burung paruh bengkok jenis lain di rumahnya. Seperti macau military yang memiliki ciri khas bulu berwarna hijau, blue and gold, hingga green wing.

Burung yang dikenal cerdas karena bisa mengenali pemiliknya ini harus dilatih agar bisa free fly, atau juga dikenal dengan teknik pelihara yang memungkinkan burung terbang bebas di luar sangkarnya.

Burung bahan harus mengikuti beberapa tahap latihan, seperti step up, jump up, hingga fly to me. Jika burung sudah percaya diri dan nyaman, maka burung sudah bisa diterbangkan di luar sangkar dengan bebas tanpa rasa takut burung tidak kembali.

Namun harus diingat, saat burung kembali harus diberi reward berupa makanan. Nah, burung yang baru akan dilepas untuk free fly atau masih minim jam terbang, pemilik perlu menggunakan pluit untuk memberi tanda posisi mereka ke burung paruh bengkok mereka.(*)

 

#hewan#burung#parrot#macau#freefly#beritabalikpapan

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan, yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan.

Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. Media sosial Kompas TV Balikpapan :

instagram: https://www.instagram.com/kompastv.ba...

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbali...

twitter : https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x