Kompas TV nasional peristiwa

Kata Anies Soal Formula E Masuk Rangkaian Acara HUT DKI Jakarta ke-495

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 13:08 WIB
kata-anies-soal-formula-e-masuk-rangkaian-acara-hut-dki-jakarta-ke-495
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/22). (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ajang balap mobil listrik Formula E masuk dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495 dengan tajuk Jakarta Hajatan. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ajang Formula E merupakan kesempatan dunia menyaksikan Indonesia, khususnya Jakarta, sebagai tuan rumah pada perhelatan internasional. 

"Kami ingin menunjukkan kepada semua bahwa Jakarta sudah bersiap untuk masuk di era baru di mana kami menggunakan energi terbarukan untuk mobilitas," kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/22).

Baca Juga: Jabodetabek PPKM Level 1: Kapasitas Mal, WFO hingga Resepsi Pernikahan Boleh 100 Persen

Anies menjelaskan bahwa Formula E bukan sekadar hiburan dan pariwisata tetapi mengirimkan pesan bahwa Jakarta bersiap menjadi kota modern dengan lingkungan hidup bersih.

Salah satunya dengan mendorong penggunaan kendaraan umum menjadi bertenaga listrik sebagaimana pesan yang dibawa Formula E. 

"Sekarang di Jakarta kami sudah menggunakan 30 bus menggunakan tenaga listrik dan harapannya ke depan tahun ini nanti bisa 100 bus bertenaga listrik," ujar Anies.

Rencananya, kata Anies, pada akhir 2030, seluruh armada bus Transjakarta menggunakan tenaga listrik. 

Baca Juga: Formula E hingga Grand Launching JIS Masuk dalam Rangkaian Acara HUT DKI Jakarta ke-495

Anies mengatakan, melalui Formula E, penduduk Jakarta menunjukkan partisipasi dalam bertanggung jawab mengurangi emisi karbon di udara.

"Karena itulah Jakarta Hajatan ini bagian dari pelajaran kepada kita semua untuk menjadi warga dunia yang bertanggung jawab dan partisiparif dalam menghadapi climate change," kata Anies.

Sementara itu, rangkaian acara Jakarta Hajatan akan digelar selama satu bulan mulai hari ini hingga 25 Juni 2022 mendatang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x