Kompas TV religi beranda islami

Aturan Memberi Nama Anak dalam Islam, Makruh Gunakan Empat Nama Ini

Selasa, 24 Mei 2022 | 10:32 WIB
aturan-memberi-nama-anak-dalam-islam-makruh-gunakan-empat-nama-ini
Ilustrasi bayi yang hendak menangis. Bagaimana sih aturan memberi nama anak dalam Islam? (Sumber: Freepik/Medio)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Memberi nama anak yang bagus adalah salah satu kewajiban yang orang tua sebab isinya adalah doa. Berikut ini merupakan aturan memberi nama anak dalam Islam yang patut untuk dicermati. 

Dalam Islam, ternyata ada nama-nama yang disukai oleh Allah SWT dan baiknya diberikan kepada anak-anak kita, berdasarkan hadis dari Nabi Muhammad SAW. Lantas, ada juga yang makruh diberikan kepada anak dan baiknya jangan diberikan. 

Untuk yang paling disukai Allah dan baiknya diberikan kepada nama anak, paling tidak ada dua nama. Keterangan soal memberikan nama kepada kepada anak ini termaktub dalam kitab al-Adzkar karya Imam Nawawi.

Imam Nawawi mengutip hal itu berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan dalam kitab Shahih Bukhari.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: Sesungguhnya nama yang paling disukai Allah azza wazalla ialah: Abdullah dan Abdurrahman. (HR Bukhari).

Jadi, berdasarkan hadis di atas, terdapat dua nama yang disukai oleh Allah. Abdullah artinya: Hamba Allah. Sedangkan Abdurrahman bermakna: Hamba Allah yang Maha Penyayang.

Jika hendak memberi nama anak atau bayi, maka baiknya nama tersebut ada unsur dua nama baik yang disukai Allah tersebut. 

Meski begitu, ada juga nama-nama yang makruh untuk digunakan sebagai berikut ini. 

Baca Juga: Dear Parents, Aturan Baru Pemerintah: Nama Anak Harus Mudah Dibaca dan Dilarang Hanya Satu Kata

Larangan Memberikan Empat Nama untuk Anak

Setelah mengetahui soal aturan memberi nama anak dalam Islam, ada juga beberapa nama yang makruh yang sebaiknya dihindari atau tidak diberikan kepada anak-anak maupun bayi yang baru lahir dari keluarga Muslim.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x