Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil F1 GP Spanyol 2022: Max Verstappen Juara

Kompas.tv - 22 Mei 2022, 22:47 WIB
hasil-f1-gp-spanyol-2022-max-verstappen-juara
Max Verstappen sukses jadi pemenang di balapan Formula 1 (F1) GP Spanyol 2022.  (Sumber: AFP/OZAN KOSE)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

BARCELONA, KOMPAS.TV - Max Verstappen sukses jadi pemenang di balapan Formula 1 (F1) GP Spanyol 2022. Pembalap lain, Charles Leclerc dan Lewis Hamilton harus puas finis di urutan kelima.

Grand Prix (GP) Spanyol yang merupakan seri keenam dalam kalender F1 musim ini digelar di Barcelona-Catalunya, Montmelo, pada Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Sesi kualifikasi, Charles Leclerc dari tim Ferrari tampil sebagai pebalap tercepat dan berhak menempati pole poistion, lalu Leclerc, ada Max Verstappen (Red Bull Racing) yang menempati posisi start kedua.

Sementara itu, rekan setim Leclerc yakni Carlos Sainz memulai balapan dari grid ketiga. F1 GP Spanyol baru bergulir satu lap, langsung terjadi kontak antara Kevin Magnussen dan Lewis Hamilton di tikungan 4.

Alhasil, Magnussen tergelincir ke gravel, sedangkan Hamilton harus masuk pit karena mobilnya mengalami kerusakan.

Hingga putaran kelima, Charles Leclerc mampu memimpin lomba, disusul Max Verstappen lalu George Russell yang merangsek ke urutan tiga.

Tikungan 4 Sirkuit Barcelona-Catalunya kembali menghadirkan petaka, Verstappen yang meluncur ke gravel pada lap ke-9, pebalap asal Belanda itu turun ke posisi empat.

Pada lap ke-22, Leclerc masuk pit lalu kembali ke trek dengan keunggulan lima detik atas pebalap di belakangnya.

Baca Juga: F1 GP Spanyol: Duo Ferrari Kuasai Free Practice 1, Max Verstappen Ketiga

Bencana menghampiri Charles Leclerc pada lap ke-27. Mobilnya kehilangan tenaga sehingga ia harus keluar dari balapan.

Keluarnya Leclerc membuat persaingan di depan menjadi sengit. Sergio Perez mampu mengasapi George Russell untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Duo Red Bull itu menguasai posisi 1-2 hingga lap ke-55. Di belakang mereka, Lewis Hamilton mampu bangkit setelah mengalami kendala selepas start.

Posisi enam, Hamilton mampu melibas Valtteri Bottas dan Carlos Sainz untuk merebut urutan keempat. Kini, Hamilton tepat berada di belakang George Russell.

Akan tetapi, Sainz kembali ke urutan keempat setelah mampu menaklukkan Hamilton pada satu lap menjelang finis. Sementara itu di barisan depan, duo Red Bull dan Russell mampu mempertahankan posisi mereka.

Max Verstappen akhirnya memenangi balapan F1 GP Spanyol 2022, diikuti oleh Sergio Perez di posisi kedua.

Adapun, George Russell melengkapi podium dengan finis ketiga dan Carlos Sainz bisa menjaga posisinya dari kejarah Lewis Hamilton.

Sainz menempati urutan keempat, sedangkan Hamilton harus puas finis kelima F1 GP Spanyol 2022.

Baca Juga: Ini Kata Lewis Hamilton soal FIA Larang Perhiasan Logam di F1



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x