Kompas TV nasional indonesia update

Mari Mengenal Cantas, Aplikasi Penunjang Sistem MLFF untuk Pembayaran Tol

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:44 WIB
mari-mengenal-cantas-aplikasi-penunjang-sistem-mlff-untuk-pembayaran-tol
Ilustrasi jalan tol. Cantas bakal menjadi aplikasi penunjang sistem pembayaran tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) yang akan berlaku di Indonesia beberapa waktu mendatang. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak lama lagi, sistem pembayaran tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) akan berlaku di Indonesia. Sistem MLFF memerlukan aplikasi yang mendukung penerapannya.

Maka dari itu, selaku pelaksana sistem MLFF di Tanah Air, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) pun telah menyiapkan sebuah aplikasi yang diberi nama Cantas.

Menariknya, sebagai aplikasi penunjang sistem MLFF, Cantas kini tengah dikembangkan agar bisa beroperasi tanpa atau bebas kuota internet.

Perwakilan PT RITS Emil Iskandar sendiri mengungkapkan, pihaknya sedang menjajaki proses kerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia demi terciptanya aplikasi Cantas yang bebas kuota internet.

Baca Juga: Apa Itu MLFF? Sistem Pengganti Kartu Tol yang Cara Kerjanya seperti Ini

"Kami ingin aplikasi Cantas itu, bisa dikatakan, bebas kuota (internet). Tapi, model bisnisnya nanti seperti apa dengan operator, itu yang sedang kami pikirkan," kata Emil, Jumat (20/5/2022), dikutip dari Antara.

Alasan mengapa aplikasi Cantas hendak dibuat bebas kuota internet adalah agar tidak memberi beban tambahan kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan tol.

"Maka dari itu, kami buatkan solusi yang dinamakan Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi," jelas Emil.

"Dalam aplikasi tersebut, sudah ada built-in OBU-nya, sehingga pengguna tol tidak perlu lagi membeli OBU dalam bentuk fisik," imbuhnya.

Baca Juga: Polri Minta Penerapan Sistem MLFF untuk Jalan Tol Ditunda, Alasannya karena Belum Ada Dasar Hukumnya

Selain itu, PT RITS juga menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) sebagai salah satu persiapan terkait rencana penerapan sistem MLFF pada tahun depan, terutama dalam hal pembayarannya nanti.

"Pembayaran yang terdapat dalam aplikasi (Cantas) kami ini, nantinya sudah comply (sesuai, red) dengan apa yang menjadi persyaratan Bank Indonesia," ungkap Emil.

Ditambah lagi, skema pembayaran tarif tol dalam sistem MLFF itu juga tidak akan terkunci atau terbatas dengan satu instrumen saja.

Maksudnya, PT RITS memberi kesempatan kepada seluruh instrumen pembayaran di Indonesia untuk bergabung atau terintegrasi dalam aplikasi Cantas.

"Namun, tentunya dengan persyaratan atau eligibilitas yang harus dipenuhi oleh instrumen-instrumen pembayaran untuk dapat terintegrasi dengan aplikasi Cantas," tandas Emil.


Sumber : Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x