Kompas TV nasional indonesia update

Apa Itu MLFF? Sistem Pengganti Kartu Tol yang Cara Kerjanya seperti Ini

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:04 WIB
apa-itu-mlff-sistem-pengganti-kartu-tol-yang-cara-kerjanya-seperti-ini
Ilustrasi. Untuk mencegah antrean kendaraan di gerbang tol, pemerintah berencana menerapkan sistem multi lane free flow (MLFF) secara menyeluruh mulai 2023 nanti. (Sumber: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai tahun 2023, pemerintah berencana menerapkan sistem pembayaran tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) secara menyeluruh.

Artinya, MLFF ini bakal menjadi pengganti sistem pembayaran jalan bebas hambatan yang sebelumnya menggunakan kartu tol elektronik (e-toll).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi pun mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR terkait penerapan sistem MLFF itu.

"Salah satu kelebihan sistem MLFF, pengguna jalan tol tidak perlu berhenti di gerbang tol, apalagi mengantri saat melakukan pembayaran," kata Budi dalam keterangan resminya, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Tak Ada Lagi Gerbang Tol saat Bayar Tol Tanpa Kartu Diberlakukan

Apa itu MLFF? Bagaimana Cara Kerjanya?

Mengenai MLFF, sebetulnya sistem ini telah diterapkan oleh banyak negara dan Hongaria menjadi investor utamanya di Indonesia.

Ya, sejak kedatangannya ke Indonesia pada 2016 silam, Perdana Menteri Hongaria Victor Orbán telah berinvestasi sebanyak Rp4,5 triliun untuk pengembangan sistem MLFF di Tanah Air.

Kerja sama bilateral tersebut kemudian tertuang dalam bentuk Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), sebagaimana yang diinformasikan oleh Kementerian PUPR, Rabu, 26 Januari 2022.

Terkait cara kerjanya, sistem MLFF ini memanfaatkan teknologi global navigation satellite system (GNSS) yang terhubung dengan aplikasi khusus di ponsel pintar setiap pengguna jalan tol.

Baca Juga: Diterapkan Bertahap Akhir 2022, Ini 3 Cara Bayar Tol Tanpa Kartu


Sumber : Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x