Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Kunjungi Korea Selatan dan Jepang, China Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:59 WIB
biden-kunjungi-korea-selatan-dan-jepang-china-gelar-latihan-militer-di-laut-china-selatan
Ilustrasi. Jet tempur J-15 China hendak mendarat di kapal induk Liaoning. Foto dirilis pada 31 Desember 2021 oleh kantor berita Xinhua. China dilaporkan menggelar latihan militer di Laut China Selatan bertepatan dengan kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Korea Selatan dan Jepang. (Sumber: Xinhua via AP)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - China dilaporkan menggelar latihan militer di Laut China Selatan bertepatan dengan kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Korea Selatan dan Jepang.

Sebagaimana diwartakan Associated Press, Jumat (20/5/2022), Badan Adminstrasi Keamanan Maritim China menyebut latihan ini digelar di kepulauan sengketa yang diklaim Beijing masuk daerah administrasi Provinsi Hainan.

Latihan militer ini digelar mulai Kamis (19/5) hingga Senin (23/5) mendatang.

Beijing menyebut pesawat atau kapal asing dilarang memasuki area latihan. China sendiri mengeklaim seluruh wilayah Laut China Selatan, bersengketa dengan berbagai negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Mengerikan, China Kembangkan Rudal Hipersonik yang Bisa Hantam Target Bergerak Seukuran Mobil

AS sendiri mengaku tidak memihak dalam sengketa Laut China Selatan ini. Namun, Washington menuntut hak untuk beroperasi secara bebas di lautan dan kapal perangnya kerap berlayar dekat kepulauan yang diklaim China.

Beijing selalu mengecam misi seperti itu dan menyebutnya sebagai provokasi langsung yang membahayakan stabilitas dan keamanan.

Untuk menegaskan klaimnya atas Laut China Selatan, China membangun fasilitas militer di kepulauan sengketa dan di area yang sejatinya masuk area bebas navigasi.

Di lain pihak, Biden tiba di Korea Selatan pada Jumat (20/5) kemarin. Rencananya, ia akan bertolak ke Jepang pada Selasa (24/5) untuk bertemu dengan para pemimpin aliansi Quad, aliansi strategis di Indo-Pasifik yang juga beranggotakan Australia, India, dan Jepang.

Baca Juga: Staf Keamanan Joe Biden Dituding Serang Warga Seoul, Korea Selatan

Halaman Selanjutnya


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x