Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Warga Kepulauan Yapen Demo Tolak DOB Dan Minta Cabut OTSUS

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 17:48 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

YAPEN, KOMPAS.TV - Ratusan masyarakat kabupaten Kepulauan Yapen Papua, menggelar aksi demo menolak pembentukan daerah otonomi baru di Papua dan meminta pemerintah mencabut otsus, karena dinilai tidak mensejahterakan masyarakat Papua.

Ratusan masyarakat kabupaten Kepulauan Yapen yang tergabung dalam solidaritas masyarakat peduli demokrasi, hukum dan ham menggelar aksi demo menolak pembentukan daerah otonomi baru di Papua pada selasa siang.

Ratusan massa ini mulai berkumpul sejak pukul 10.00 WIT di bebrapa titik dan melakukan longmarch ke kantor dprd kabupaten yapen dengan membawa spanduk dan pamflet bertuliskan penolakan DOB di Papua.

Dalam orasinya, massa meminta pemerintah pusat menghentikan rencana pembentukan daerah otonomi baru karena tidak memenuhi syarat.

Selain itu, massa pendemo menilai pemerintah tidak serius dalam menyelesaikan pelanggaran ham di papua sehingga dikhawatirkan dengan pembentukan DOB akan menambah pelanggaran ham di Papua dan Papua Barat.

Oleh karena itu massa dengan tegas meminta pemerintah menghentikan pembentukan daerah otonomi baru dan mencabut otonomi khusus yang sementara berlangsung karena tidak memberikan dampak kepada masyarakat Papua.

Menanggapi permintaan massa pendemo, ketua DPRD kabupaten Kepulauan Yapen, Yohanis Raubana, menyatakan akan menamoung aspurasi masyarakat dan akan menindaklanjuti dengan pembaghasan di dprd dan diteruskan ke DPR RI.

#JayapuraPapua #DemoTolakDOB #DaerahOtonomiBaru



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x