Kompas TV regional politik

Gibran Rakabuming Raka: Solo Belum Bebas Masker, Tunggu Instruksi Gubernur Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 15:15 WIB
gibran-rakabuming-raka-solo-belum-bebas-masker-tunggu-instruksi-gubernur-ganjar-pranowo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai bertemu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Senin (28/3/2022) (Sumber: Kompas TV/Widi Nugroho)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

Surakarta, KOMPAS.TV-Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan bahwa pihaknya masih menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk menindaklanjuti kebijakan pelonggaran penggunaan masker.

"Kemarin sudah tanya Pak Gubernur. Kami menunggu instruksi Pak Gubernur. Kalau oke ya kami jalankan, nanti kami tuangkan di SE (surat edaran)," kata Gibran.

Oleh karena itu, Gibran mengimbau agar warga Surakarta/Solo tetap mengenakan masker selama beraktivitas.

"Jangan enggak mau pakai masker, enggak mau vaksin. Vaksinasi booster (penguat) masih 50 persen lho ya ini (cakupannya -red)," kata Gibran.

Penggunaan masker masih diwajibkan terutama untuk warga yang menggunakan angkutan umum.

"Angkutan umum masih wajib, Batik Solo Trans wajib masker ya, jangan buru-buru lepas masker," katanya di Solo, Rabu.

Baca Juga: Ribuan Warga Solo Antusias Padati Lokasi CFD

Ia menekankan agar warga tidak lengah meski penularan Covid-19 sudah menurun. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa penularan COVID-19 sudah terkendali, sehingga dia mengizinkan pelonggaran aturan penggunaan masker di tempat terbuka.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata presiden pada Selasa (17/5/2022).

Presiden menambahkan, kebijakan tersebut tidak berlaku untuk kelompok rentan, termasuk warga lanjut usia dan warga dengan penyakit penyerta, serta orang-orang yang melakukan kegiatan di ruangan tertutup dan sarana transportasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x