Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Mahasiswa Simulasi Prosesi Ijab Kabul

Senin, 16 Mei 2022 | 12:47 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mengetahui prosesi ijab kabul dalam pernikahan, sejumlah 20 orang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Semarang, Jurusan Hukum Keluarga melakukan simulasi prosesi ijab kabul di salah satu Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Semarang. Dalam simulasi ini ada yang berperan sebagai penghulu, pengantin, saksi pernikahan, calon pengantin hingga keluarga mempelai berdua. Masing- masing mahasiswa menjalankan perannya, seperti menggelar ijab kabul pernikahan sungguhan. Uniknya dalam simulasi ijab kabul ini, menggunakan 3 bahasa yaitu bahasa Jawa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

"Latihan atau simulasi ijab kabul dengan 3 bahasa ada bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Inggris dilakukan untuk menghadapi kebutuhan dari masyarakat karena ada juga yang ingin ijab kabul menggunakan bahasa daerah" ujar Abdullah Salam As'said, mahasiswa UIN.

"Tujuan kedatangan mereka kesini adalah praktek langsung dari teori-teori yang telah diterima di kampus, diharapkan setelah lulus nanti bisa bekerja di KUA" kata Budi Kuswantoro, Kepala KUA Semarang Tengah.

Simulasi ijab kabul pernikahan ini merupakan agenda Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL, diharapkan nantinya mahasiswa bisa paham untuk ke depannya. 

#kua #mahasiswa #ijabkabul 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x