Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Kronologi Penembakan Massal Komunitas Lansia di California

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 12:38 WIB
ini-kronologi-penembakan-massal-komunitas-lansia-di-california
Pihak berwenang berkumpul di luar Gereja Presbiterian Jenewa, California, pada Minggu (15/5/2022). Tempat tersebut merupakan lokasi teror penembakan terhadap komunitas lansia yang menimbulkan 5 korban. (Sumber: Leonard Ortiz / The Orange County Register via AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

.

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah gereja yang dipenuhi komunitas lansia di Laguna Woods, California, pada Minggu (16/5/2022) siang. Satu orang dilaporkan tewas, 4 lainnya dalam kondisi kritis.

Penembakan terjadi sekitar pukul 13.30 waktu setempat, ketika 30 hingga 40 jemaah menghadiri perjamuan usai kebaktian gereja pagi.

Selepas kejadian, pihak berwenang belum merilis nama-nama korban. Namun, diketahui empat pria Asia berusia 66, 75, 82 dan 92 tahun, serta wanita Asia berumur 92 tahun telah terkena tembakan.

Baca Juga: Penembakan di Gereja AS, Satu Orang Tewas dan 4 Luka Parah

Pelaku diketahui orang Asia berusia sekitar 60 tahun, dan telah diamankan oleh jamaah gereja yang jadi pahlawan dalam kejadian itu.

"Jemaah gereja menunjukkan apa yang kami yakini sebagai kepahlawanan dan keberanian luar biasa dalam upaya menghentikan tersangka. Mereka tidak diragukan lagi mencegah munculnya korban lain," ungkap Jeff Hallock, Sheriff wilayah setempat.

Jerry Chen, 72 tahun, yang berada di lokasi kejadian, mengungkapkan kronologi penembakan.

"Sebelum kebaktian dimulai, jemaah sempat menyapa dan menyambut pria itu. Ia mengaku pernah menghadri kebaktian di lokasi, tetapi jemaah ragu karena tak ada yang mengenalinya," terang Chen.

Ketika selesai makan siang, Chen yang berada di dapur mendengar suara tembakan.

"Saya menengar tembakan, kemudian saya mendengarnya dua hingga tiga tembakan lagi. Dia hanya menembak secara acak," lanjut Chen.

"Saya melihat beberapa orang ambruk dan menyelamatkan diri ke bawah meja. Saya tahu ada yang tidak beres, kemudian menelpon 911," imbuhnya.

Chen menuturkan, kejadian berakhir ketika pendeta gereja memukul pelaku dengan kursi saat ia mengisi peluru, sebelum akhirnya ditangkap jemaah.

Laguna Woods merupakan kawasan yang dihuni komunitas lansia di atas usia 55 tahun. Pembangunan Laguna Woods Vilages dimulai pada 1964 dengan total 530 rumah untuk lansia.

Baca Juga: Palestina Tuding "Yudaisasi", Pengadilan Israel Izinkan Proyek Kereta Gantung di Yerusalem

 



Sumber : AP/LA Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x