Kompas TV otomotif tips & trick

Waspadai Oli Mobil Berkurang Drastis setelah Dipakai Mudik, Kenapa Bisa Begitu?

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 19:20 WIB
waspadai-oli-mobil-berkurang-drastis-setelah-dipakai-mudik-kenapa-bisa-begitu
Ilustrasi penggunaan oli untuk mesin mobil. (Sumber: PT Astra International-Peugeot via KOMPAS.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengecek kembali kondisi oli mobil setelah dibawa menempuh perjalanan mudik Lebaran, penting untuk dilakukan.

Aftersales Support PT Astra International-Peugeot Samsudin mengatakan, sudah sewajarnya volume oli mobil akan berkurang usai digunakan untuk bepergian jarak jauh dalam waktu yang lama.

Namun, Samsudin mengingatkan, berkurangnya volume oli mobil itu perlu mendapat perhatian lebih jika jumlahnya begitu banyak atau drastis.

"Ada beberapa penyebab terjadinya pengurangan oli mesin yaitu kualitasnya yang kurang bagus dan juga tidak sesuai (dengan mesin)," kata Samsudin dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Pemilik Kendaraan Roda Dua Wajib Tahu Ini, Bedanya Oli Sepeda Motor Manual dan Matik

"Ini penting untuk diperhatikan apalagi jika kebocoran oli sudah sangat parah," sambungnya.

Samsudin menjelaskan, oli merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi melapisi bagian-bagian yang lain agar tidak cepat aus dan rusak akibat sering bergesekan.

Oli yang berkualitas bagus dapat melindungi mesin kendaraan secara optimal tanpa mengalami penguapan hingga pengurangan volume begitu drastis.

Sebaliknya, lanjut Samsudin, pemilihan oli yang kurang tepat dapat menyebabkan kebocoran seal atau packing-nya di mesin.

Baca Juga: Setop Isi Bensin Terlalu Penuh hingga Meluber, Ahli Servis Ungkap Bahayanya

Selain itu, masalah oli tersebut juga bisa berawal dari kerusakan ring piston dan seal klep pada mesin kendaraan.

Termasuk kerusakan lain berupa goresan di dinding silinder mesin yang dapat menguras volume oli secara drastis.

Samsudin pun menyarankan, periksa kebocoran oli mesin secara berkala, kendati belum atau tidak ada tanda seperti asap putih pekat yang keluar dari knalpot.

"Penting untuk memeriksa level oli yang digunakan agar terhindar dari kerusakan parah. Jika sudah ada indikasi berkurangnya oli mesin yang sangat berlebihan, segera ke bengkel," tandasnya.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x