Kompas TV otomotif tips & trick

Setop Isi Bensin Terlalu Penuh hingga Meluber, Ahli Servis Ungkap Bahayanya

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 14:08 WIB
setop-isi-bensin-terlalu-penuh-hingga-meluber-ahli-servis-ungkap-bahayanya
Foto ilustrasi mengisi bensin motor. (Sumber: Kompas Otomotif)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli servis kendaraan bermotor menyatakan jangan terlalu penuh hingga meluber mengisi bahan bakar untuk sepeda motor. Pasalnya jika bensin hingga meluber bisa menyebabkan bahaya.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengungkapkan, pengisian bensin terlalu penuh sampai luber bisa merusak bagian yang ada di sekitar tangki.

Endro melanjutkan terdapat batas aman di tangki motor yang bisa dijadikan patokan ketika mengisi bensin di sepeda motor.

“Batas amannya bisa dilihat pada mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki bagian bawah,” ucap Endro dikutip dari Kompas.com, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga: Siap-siap, Pertamina Kaji Kenaikan Harga Pertamax

Batas pengisian bensin bagi sepeda motor. (Sumber: Kompas.com/Fathan Radityasani)

Batas isi bensin untuk sepeda motor bisa ditemukan pada setiap tangki motor. Endro menegaskan pengisian bensin tak masalah ketika sedikit melewati batas, asal jangan luber.

Bensin yang luber sebenarnya bisa dialirkan langsung ke darat atau tanah jika sepeda motor memiliki jalur tersebut. Perlu diingat kondisi jalur itu harus diperhatikan agar tak tersumbat.

Ketika bensin yang melwati saluran tersebut luber atau tercecer, dikhawatirkan bisa menyebabkan motor terbakar jika ada pemantiknya.

Baca Juga: Dear Bikers Jangan Ditiru Pengendara Ini ya, Cek Dulu Motormu Diisi Bensin atau Listrik

“Kondisi saluran yang tidak baik bisa menyebabkan api kalau ada pemicunya. Agar lebih aman, isi bensin penuh jangan sampai luber, itu saja,” lanjut Endro.

Dia melanjutkan ketika bensin telah diisi penuh tak perlu khawatir terkait sirkulasi udara. Tutup tangki diketahui memiliki lubang yang membuat sirkulasi udara lancar.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x