Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Trik Jadi Penulis Kreatif, Simak Pakem dan Langkah Praktisnya Berikut Ini

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 11:25 WIB
trik-jadi-penulis-kreatif-simak-pakem-dan-langkah-praktisnya-berikut-ini
Bagaimana cara menjadi penulis kreatif? Simak penjelasan pakar berikut ini (Sumber: KG Media)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana cara menjadi penulis, apakah menulis memang proses yang sulit dilakukan? Lantas, apa sih bedanya menulis biasa dengan menulis kreatif?

Menulis sendiri merupakan salah satu rutinitas manusia. Dengan menulis, artinya kita bisa menyalurkan gagasan yang selama ini tersimpan. Kegiatan menulis juga memiliki berbagai tujuan, misalnya untuk penulisan ilmiah atau penulisan kreatif.

Venerdi Handoyo, penulis skenario film dan buku, dalam siniar Obsesif musim keempat bertajuk “Menulis Kreatif itu Mudah, Benarkah?” menjelaskan soal pakem dan langkah praktis menjadi penulis kreatif ini

"Secara umum, sih, creative writing (itu) menulis sesuatu yang tidak berdasarkan kenyataan. Jadi, imajinatif, fiktif, ada imajinasinya," ujarnya. 

Menulis kreatif adalah kegiatan yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Hasil dari kegiatan ini dapat berupa cerita fiksi, seperti novel, cerita pendek (cerpen), dan puisi. Namun, tak terbatas hanya pada tiga karya tersebut. Menurut Kamus Oxford, dalam prosesnya, dibutuhkan ide-ide di luar nalar serta daya imajinasi yang kuat.

Hal ini tentu sangat kontras dengan penulisan ilmiah yang memerlukan teknik khusus. Kita juga bisa bandingkan dengan penulisan berita yang terkesan sangat hambar karena hanya melaporkan kejadian di dunia nyata.

Baca Juga: Manfaat Menulis dengan Tangan, Salah Satunya Meningkatkan Memori

Luasnya Definisi Menulis Kreatif

Meskipun sering dianggap sebagai karya fiksi, ternyata penulisan kreatif juga dapat menghasilkan output lain. Para penulis kreatif banyak dicari-cari oleh perusahaan, khususnya dalam bidang pemasaran. Mereka pun dapat bekerja secara kontrak ataupun sebagai pekerja lepas.

Sebut saja copywriting. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu jenama, diperlukan kemampuan copywriting yang baik. Dalam prosesnya, para copywriter memerlukan imajinasi agar masyarakat tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Imajinasi ini kemudian dituangkan dalam sekumpulan kata yang bisa menstimulasi pemikiran orang awam. "Copywriting juga merupakan creative writing karena kita mengada-ngada barang-barang yang orang tidak butuhkan. Kita ada-adain kebutuhannya. Kita ciptakan ketakutan. Kalo enggak beli produk ini kamu bisa gini, loh," kata penulis yang kerap disapa Ve Handojo ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x