Kompas TV nasional politik

PKB Tawarkan Duet Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024, Ini Tanggapan Gerindra

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 15:34 WIB
pkb-tawarkan-duet-prabowo-cak-imin-di-pilpres-2024-ini-tanggapan-gerindra
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Habiburokhman di Gedung Parlemen. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyambut baik tawaran PKB yang ingin menduetkan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Menurut dia, pihaknya akan membuka peluang untuk berkoalisi dengan siapa pun, asal calon presiden (capres) yang diusung dalam pesta demokrasi lima tahunan nanti ialah Prabowo. 

"Prinsipnya, Pak Prabowo yang akan maju sebagai capres. Jadi, dengan siapa pun kami berkoalisi, capresnya ya beliau," kata Habiburokhman kepada Kompas TV, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: PKB: Gerakan Akar Rumput Ingin Duet Prabowo-Cak Imin Terwujud di Pilpres 2024

Anggota Komisi III DPR RI ini mengakui kalau PKB, kendaraan politik Cak Imin, merupakan salah satu partai politik (parpol) yang patut diperhitungkan di dunia politik Tanah Air.

"Soal cawapres, kami menjaga komunikasi yang baik dengan semua parpol, termasuk Gus Muhaimin. Kami menghormati mereka sebagai salah satu kekuatan politik penting di Indonesia saat ini," ujarnya.

Meski begitu, rencana duet Prabowo-Cak Imin itu masih harus dibicarakan lebih lanjut dengan elite Partai Gerindra dan PKB. Sebab, situasi dan kondisi politik jelang Pilpres 2024 masih amat dinamis. 

"Semua kemungkinan masih terbuka sampai pada saatnya nanti pendaftaran resmi di KPU," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebut, gerakan akar rumput PKB kini banyak yang menilai kalau duet Prabowo-Cak Imin bisa menjadi kenyataan dalam Pilpres 2024. Oleh sebab itu, kata Daniel, DPP PKB akan menampung aspirasi itu untuk dipertimbangkan. 

"Apalagi Pak Prabowo termasuk yang diduetkan dengan Cak Imin oleh para kader di grassroot (akar rumput), kita perlu menjawabnya dengan berbuat yang terbaik untuk rakyat, terus mengawal kepentingan dan harapan rakyat," kata Daniel kepada Kompas TV, Jumat (6/5/2022). 

Baca Juga: Prabowo Subianto Terima Wejangan dari Habib Lutfi Bin Yahya

Ia mengatakan, PKB juga mengingat ucapan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang menyatakan kalau Prabowo akan menjadi orang nomor satu di Indonesia saat di usia tua. 

"Gus Dur itu bagi PKB, selain sebagai pendiri, juga kami anggap wali, yang ucapan dan pikirannya sangat visioner melampaui zaman. Semoga ini tanda baik bagi kerja sama dan koalisi yang lebih kuat dengan PKB," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x