Kompas TV nasional peristiwa

Umat Islam Jemaah Aboge di Banyumas Lebaran Besok, Rabu 4 Mei 2022

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 10:01 WIB
umat-islam-jemaah-aboge-di-banyumas-lebaran-besok-rabu-4-mei-2022
Ratusan penganut aliran Islam Aboge (Alif Rebo Wage) melaksanakan salat ied di Masjid Sayyid Kuning, Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (14/5/2021). Untuk tahun ini akan lebaran pada besok Rabu 4 April 2022 (Sumber: KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

BANYUMAS, KOMPAS.TV  - Umat Islam pengikut perhitungan Alif Rebo Wage atau dikenal dengan nama Jemaah Aboge di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, baru akan berlebaran pada besok, Rabu (4/5/2022).

Dalam perhitungan Jemaah Aboge, berdasarkan perhitungan yang diyakini secara turun-temurun, Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah akan jatuh di tanggal tersebut.

Sesepuh pengikut Aboge di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Santibi menjelaskan, dalam perhitungan Aboge tahun 2022 ini bertepatan dengan tahun Jawa Alip atau Alif.

"Dalam rumus Aboge, awal tahun Alip atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Rebo (Rabu) Wage," kata Santibi dikutip dari kompas.com pada Selasa (3/5/2022).

Dengan rumus tersebut, lanjut Santibi,  awal Syawal tahun ini sudah dilakukan perhitungan dengan rumus yang disebut Waljiro. Waljiro kependekan dari syawal siji loro (syawal satu dua).

Syawal siji loro artinya yaitu hari pertama dan pasaran kedua dari Rabu Wage.

“Maka 1 Syawal nanti jatuh pada hari Rabu Kliwon. Begitupun tahun berikutnya sudah ada rumus baku yang telah ada turun temurun," ucap Santibi.

Selain di desa tersebut, umat Islam pengikut Aboge antara lain terdapat di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon dan Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang.

Saat awal puasa 1 Ramadan lalu, umat Islam jemaah Aboge di Banyumas juga baru memulai ibadah puasa Senin (4/3/2022) atau selisih satu hari dibanding penetapan pemerintah.

Baca Juga: Alasan Umat Islam Singapura Rayakan Idulfitri Hari ini, Selasa 3 April 2022

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x