Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Sampaikan ke Vladimir Putin: Saya Tekankan Pentingnya Perang Rusia-Ukraina Segera Diakhiri

Kompas.tv - 29 April 2022, 18:28 WIB
jokowi-sampaikan-ke-vladimir-putin-saya-tekankan-pentingnya-perang-rusia-ukraina-segera-diakhiri
Presiden Jokowi memberikan keterangan sebagai Presidensi G20 pada Jumat (29/4/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin agar perang Rusia-Ukraina segera diakhiri.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi yang menghubungi Presiden Putin perihal undangan KTT G20 pada November 2022 di Indonesia.

“Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina, saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri,” tegasnya.

“Saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi juga mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin akan hadir dalam KTT G20 yang berlangsung November 2022 di Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Vladimir Putin Hadiri KTT G20 di Indonesia

“Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menegaskan undangan Indonesia terhadap sejumlah negara untuk hadir dalam KTT G20 didasari karena Indonesia tidak ingin ada perpecahan.

“Saya ingin menekankan bahwa Indonesia ingin menyatukan G20, jangan sampai ada perpecahan. Perdamaian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut Jokowi, Indonesia untuk KTT G20 juga mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk hadir.

Sebab, kata Jokowi, Indonesia ingin KTT G20 di Indonesia memiliki peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia.

“Dan kalau kita bicara pemulihan ekonomi dunia, maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini,” ujarnya.

“Yaitu yang pertama pada pandemi Covid-19 dan yang kedua perang di Ukraina. Dalam konteks inilah maka dalam pembicaraan per telepon kemarin saya mengundang Presiden Zelenskyy untuk hadir dalam KTT G20,” lanjutnya.

Baca Juga: Jokowi Tolak Ukraina yang Minta Bantuan Persenjataan: Indonesia Melarang

Dalam keterangannya, Jokowi mengungkapkan, dirinya juga telah berkomunikasi dan berdiskusi dengan sejumlah pemimpin negara terkait kegiatan KTT G20.

Antara lain dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Perancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Sekjen PBB Antonio Guterres, Presiden Portugal Macelo Rebelo de Sousa.

“Saya telah berkomunikasi dengan beberapa pemimpin negara-negara dan juga Sekjen PBB tentang persiapan KTT G20 yang akan digelar di Bali pada bulan November 2022, juga berdiskusi lewat telepon mengenai dinamika situasi global terkini termasuk di antaranya soal perang Rusia Ukraina,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x