Kompas TV regional berita daerah

Sebelas WNI Asal Lampung Terlantar di Turki, Empat Orang Berhasil Dipulangkan

Kompas.tv - 29 April 2022, 16:43 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Sepekan pasca viral di media sosial, sebelas orang warga negera Indonesia asal Lampung yang terdampar di Istanbul, Turki, empat dari sebelas WNI berhasil dipulangkan ke Lampung.

Empat WNI tersebut tiba di Bandar Lampung dengan pengawalan pihak kepolisian Polda Lampung bersama UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) pada Rabu (27/4/2020) sore.

Baca Juga: Warga Ramai Berburu Pakaian Jelang Hari Raya Idul Fitri

M. Ridwan Muslimin, salah satu korban menceritakan pengalaman pahitnya selama berada di Istanbul, Turki. Dirinya bersama sepuluh orang lainya terpaksa harus menumpang tidur dan menahan lapar lantaran tak memiliki tempat tinggal dan kehabisan uang.

Bahkan dalam sehari, sebelas Pekerja Migran Indonesia tersebut terpaksa mengkonsumsi satu bungkus mie instan untuk dibagi ke empat orang.

Sebelumnya sebelas Pekerja Migran Indonesia tersebut sempat dijanjikan untuk bekerja di Polandia, namun setelah menunggu selama beberapa bulan, tidak ada kejelasan dari pihak agensi hingga menelantarkan sebelas orang WNI.

Baca Juga: Empat Joki CPNS Diringkus Polisi, Bayar 300 Juta Agar Lolos

Kini pihak kepolisian bersama BP2MI masih menyelidiki kasus dugaan tenaga kerja ilegal dan berupaya memulangkan tujuh orang yang masih berada di Istanbul, Turki.

#tkiterlantar #turki #tenagakerja

Jurnalis : Roma Afriaidham

Video Editor : Sony LG



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x