Kompas TV nasional politik

Survei Indikator Politik: Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Kini Hanya 59,9 Persen

Kompas.tv - 26 April 2022, 15:07 WIB
survei-indikator-politik-kepuasan-masyarakat-terhadap-kinerja-jokowi-kini-hanya-59-9-persen
Presiden Jokowi dalam sambutannya pada ulang tahun ke-50 Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) di Istana Negara, Senin (21/2/2022). Presiden Jokowi diimbau untuk bertindak untuk menghentikan serangan Rusia ke Ukraina (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami penurunan yang cukup tajam. Hal ini berdasarkan hasil survel Lembaga Indikator Politik Indonesia pada April 2022. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pada April berada pada angka 59,9 persen. Bila dibandingkan dengan Januari 2022, saat itu sebesar 75,3 persen. 

Baca Juga: Survei Charta Politika: Publik Sebut Kondisi Ekonomi Indonesia Buruk

"Yang puas atau sangat puas (dengan kinerja Presiden Jokowi) kalau kita totalkan 59,9 persen, yang kurang puas 38,6 persen. Jadi lebih banyak yang puas," kata Burhanuddin dalam paparannya secara daring, Selasa (26/4/2022). 

Ia mengatakan, kepuasan publik berada pada angka yang tinggi pada Januari 2022 lalu, karena mengingat waktu itu pemerintah berhasil menangani pandemi Covid-19. 

"Saat itu (Januari 2022) inflasi belum terjadi. Minyak goreng masih relatif bisa dipenuhi. Dan jangan lupa masyarakat saat itu happy dengan kinerja pemerintahan menangani kasus pandemi, varian Delta," katanya. 

Survei Indikator Politik ini dilakukan dengan wawancara secara tatap muka pada 14-19 April 2022 terhadap 1.220 responden yang dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling. 

Baca Juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo

Responden merupakan warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam Pemilu. Margin of error ± 2,9 persen dengan 95 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x