Kompas TV nasional politik

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo

Kompas.tv - 25 April 2022, 18:55 WIB
survei-charta-politika-elektabilitas-ganjar-kalahkan-prabowo
Tiga nama yang kerap muncul dalam survei calon presiden 2024 yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Tingkat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus moncer jelang berlangsungnya gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Berdasarkan survei yang diadakan Charta Politika, kini elektabilitas politikus PDIP itu sudah menyalip Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. 

Baca Juga: Survei Populi Center: Elektabilitas Sandiaga sebagai Cawapres 2024 Meroket

"Pada pilihan tokoh sebagai calon presiden, Ganjar Pranowo (29.2 persen), Prabowo Subianto (23.0 persen), dan Anies Baswedan (20.2 persen) menjadi tiga nama teratas pilihan publik dalam simulasi 10 nama," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Ia menjelaskan, selain tiga nama bakal calon presiden (capres) teratas tersebut, terdapat sejumlah nama yang mempunyai elektabilitas di kisaran angka 3 sampai 5 persen.

"Sandiaga Uno (4,9 persen), Ridwan Kamil (4,1 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (3,4 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (3,3 persen)."

"Kalau kita lihat tiga besar, tentu saja jauh karena dia sudah melampaui data angka 20 persen. Sementara, peringkat keempat, kelima masih ada dalam angka satu digit dan beberapa nama lain," ujar Yunarto.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada tanggal 10 – 17 April 2022, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Baca Juga: Survei Populi Center: 74,3 Persen Responden Tolak Penundaan Pemilu 2024

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±(2.83 persen) pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Unit sampling primer (PSU) survei ini adalah desa atau kelurahan dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 122 desa atau kelurahan yang tersebar di Indonesia.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.