Kompas TV regional berita daerah

Peringati Hari Bumi, 10 Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai

Kompas.tv - 25 April 2022, 12:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Untuk melestarikan habitat ikan dan kehidupan satwa di sekitar sungai, puluhan masyarakat Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelar aksi penebaran benih ikan di kawasan Sungai Desa. Setidaknya 10 ribu benih ikan disebar di sejumlah titik sungai yang ada di kawasan desa tersebut.

Ikan yang disebar sendiri ada berbagai jenis mulai dari ikan Nila, Gabus, Mujair hingga benih ikan Lele juga ikut disebar. Ikan yang disebar adalah hasil pembelian bersama oleh warga, dan ada juga sebagian kecil yang merupakan peliharaan warga.

Kegiatan ini sengaja digelar dengan harapan agar ekosistem kehidupan satwa di sungai bisa terus terjaga, lantaran saat ini sudah jarang sekali kita jumpai habitat ikan sungai, karena rusaknya ekosistem yang ada.

'Untuk melakukan konservasi sungai, bagaimana menjaga rehabilitasi sungai yang ada. Program ini berkesinambungan, sudah dilakukan sebelumnya didampingi teman-teman dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN)," ujar Tri Lestari, Kepala Desa Menawan.

Peringatan Hari Bumi atau Earth Day sendiri diperingati setiap tanggal 22 April. Selain menjaga kehidupan satwa sungai, kegiatan ini juga untuk mengajarkan anak cucu kita generasi muda untuk terus peduli pada lingkungan dan menjaga kelestarianya.

#haribumi #kudus #benihikan

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x