Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pegawai Outsourcing Sampai PNS Ngeluh Soal THR, Ada Apa?

Kompas.tv - 19 April 2022, 13:05 WIB
pegawai-outsourcing-sampai-pns-ngeluh-soal-thr-ada-apa
Ilustrasi THR (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah sudah menetapkan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk PNS, TNI/Polri, dan pensiunan. Pemerintah juga sudah meminta pengusaha untuk membayar THR kepada pekerja swasta dengan tanpa mencicil.

Namun bagi sebagian masyarakat, THR tahun ini tidak sebanding dengan kenaikan harga-harga. Seperti yang diungkapkan Ardi Mardiansyah yang bekerja sebagai pesuruh di sebuah kantor, dengan status alih daya atau outsourcing.

Ardi yang juga menanggung kebutuhan kedua orang tuanya, biasanya menghabiskan Rp600.000 -Rp700.000 per bulan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Tetapi saat ini, pengeluarannya untuk kebutuhan pokok bisa mencapai lebih dari Rp1 juta per bulan.

Baca Juga: Melimpah, Ini Rincian Lengkap THR dan Gaji ke-13 yang Diterima ASN 2022, Ada yang Rp24 Jutaan

Hal itu dipicu oleh kenaikan bahan pangan seperti minyak goreng, daging ayam, hingga daging sapi yang biasanya dia konsumsi. Untuk mengatasinya, Ardi terpaksa mengurangi konsumsinya.

"Bahkan saya bisa nombok, karena percuma juga, apa-apa naik, bahan pangan naik, sembako naik, tidak menutupi kebutuhan saya," kata Ardi seperti dikutip dari bbc.com, Selasa (19/4/2022).

"Pada dasarnya saya bersyukur ada THR walaupun kurang mencukupi bagi saya, tapi usul saya pemerintah ringankanlah beban masyarakat pada saat ini karena pendapatan kami kurang mencukupi untuk sehari-harinya," lanjutnya.

Baca Juga: Bolehkah THR Lebaran dalam Bentuk Parsel atau Barang? Ini Kata Kemnaker

Biasanya, Ardi menggunakan uang THR yang dia dapat untuk keperluan tambahan keluarga serta dibagi-bagi ke sanak saudara, tetapi untuk tahun ini uang THR akan dia gunakan untuk menambal kebutuhan sehari-hari yang meningkat.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x