Kompas TV religi beranda islami

Mengenal Peristiwa Isra Miraj yang Diperingati Hari Ini Senin 28 Februari

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 06:47 WIB
mengenal-peristiwa-isra-miraj-yang-diperingati-hari-ini-senin-28-februari
Ilustrasi keindahan isra Miraj Nabi Muhammad (Sumber: Pixabay)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Isra Miraj diperingati setiap 27 Rajab. Tahun ini, 27 Rajab 1443 Hijriah tepat hari ini, Senin 28 Februari 2022.

Peristiwa Isra Miraj itu juga yang menjadikan Rajab disebut bulan Haram, yakni bulan suci. Bulan Rajab adalah 1 dari empat bulan hijriah yang diistimewakan dalam Islam bersama dengan bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Hal itu termaktub dalam firman Allah terkait bulan-bulan haram atau bulan suci umat Islam. 

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS At Taubah [9]:36).

Para ulama menafsirkan empat bulan haram itu, salah satunya adalah bulan Rajab. Bulan penanda datangnya bulan suci Ramadan di depan mata. 

Apalagi, di bulan ini ada peristiwa mukjizat Isra Miraj, perjalanan Nabi Muhammad pada sebuah malam yang penuh kejaiban dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidi Aqsa di Yerussalem, serta Miraj ke langit ketujuh hingga Sidratul Muntaha.

Baca Juga: Hari Ini Libur Isra Miraj, Baca Doa Nabi Muhammad Berikut agar Umur Dipanjangkan Allah SWT

Nabi Muhammad Mengalami Isra Miraj

Pada sebuah malam 27 Rajab Nabi Muhammad SAW diangkat oleh Allah SWT untuk Isra Miraj hingga Sidratul Muntaha untuk berjumpa langsung dengan Sang Pencipta.

Isra adalah perjalanan malam hari dari Mekah, Masjidil Haram, menuju Baitul Baqdis atau Masjidil Aqsa di Palestina. Perjalanan ini menurut mayoritas ulama adalah perjalanan fisik dan batin.

Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad diangkat ke langit hingga Sidratul Muntaha.

Dikutip dari dari Sirah Nabawiyah ar-Rahiq Al-Maktum karya Syeikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfuri, lantas Nabi pun diangkat hingga langit ketujuh dan berjumpa dengan banyak Nabi. Mulai dari Nabi Musa hingga Nabi Ibrahim.

Isra Miraj adalah peristiwa yang disebut mukjizat. Sebab, dengan kecepatan yang sukar dinalar manusia biasa, Nabi Muhammad mengalami perjalanan begitu jauh dan hanya satu malam.

Baca Juga: Gambaran Indahnya Surga, Seperti yang Dilihat Nabi Muhammad ketika Isra Miraj

Perintah Salat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x