Kompas TV religi beranda islami

Hari Ini Libur Isra Miraj, Baca Doa Nabi Muhammad Berikut agar Umur Dipanjangkan Allah SWT

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 06:07 WIB
hari-ini-libur-isra-miraj-baca-doa-nabi-muhammad-berikut-agar-umur-dipanjangkan-allah-swt
Ilustrasi ucapan Isra Miraj. (Sumber: Freepik )
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Senin 28 Februari 2022 jatuh libur nasional untuk memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Dalam kalender Hijriah, Isra Miraj jatuh pada 27 Rajab.

Dalam memperingati bulan Rajab, Nabi Muhamamad sering memanjatkan doa sebai berikut. Bagi muslim, doa ini baiknya banyak dibaca untuk memperingati Isra Miraj.

Doa Nabi Muhammad tersebut memilki banyak keutamaan, salah satunya agar dipanjangkan umur oleh Allah SWT

Doa ini tentu saja bisa kita amalkan sebagai bagian dari meniru kebiasaan baik beliau pada bulan Rajab.

Berikut doa Nabi Muhammada:

Bacaan doa Nabi Muhammad saat bulan Rajab, perbanyak di Isra Miraj 1443 tahun ini (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Baca Juga: Gambaran Indahnya Surga, Seperti yang Dilihat Nabi Muhammad ketika Isra Miraj

Bulan Rajab disebut bulan Haram, yakni bulan suci. Bulan Rajab adalah 1 dari empat bulan Hijriah yang diistimewakan dalam Islam bersama dengan bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Hal itu termaktub dalam firman Allah terkait bulan-bulan haram atau bulan suci umat Islam. 

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS At Taubah [9]:36).

Para ulama menafsirkan empat bulan haram itu, salah satunya adalah bulan Rajab. Bulan penanda datangnya bulan suci Ramadan di depan mata. 

Apalagi, di bulan ini ada peristiwa mukjizat Isra Miraj, perjalanan Nabi Muhammad pada sebuah malam yang penuh kejaiban dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidi Aqsa di Yerussalem, serta Miraj ke langit ketujuh hingga Sidratul Muntaha.

Perjalanan penuh hikmah, Nabi Muhammad berjumpa langsung dengan Allah SWT dan awal perintah salat lima waktu diturunkan kepada umat manusia.

Doa Nabi Muhammad di atas salah satu yang bisa diamalkan, khususnya di akhir Rajab dan memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad 1443 Hijriah. 

Doa Nabi Muhammad tersebut memilki banyak keutamaan, salah satunya agar dipanjangkan umur oleh Allah SWT sehingga bisa berjumpa dengan bulan suci Ramadan yang tak lama lagi tiba. 

Semoga Allah senantiasa memberi berkah kepada kita semua, serta berkah dalam menyambut Isra Miraj 1443 Hijriah. Amin.

Baca Juga: Kisah 7 Langit dalam Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhamad yang Penuh Hikmah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.