Kompas TV regional update

Diresmikan Jokowi, Tol Danowadu-Bitung Mulai Beroperasi Gratis Hari Ini

Kompas.tv - 26 Februari 2022, 08:09 WIB
diresmikan-jokowi-tol-danowadu-bitung-mulai-beroperasi-gratis-hari-ini
Presiden Jokowi (tengah) saat meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung, di Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (25/2/2022). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

MANADO, KOMPAS.TV - Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowadu-Bitung akan dioperasikan tanpa tarif alias gratis mulai hari ini, Sabtu (26/2/2022) pukul 14.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Pengoperasian ruas tol tanpa tarif ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) selaku pengelola Jalan Tol Manado-Bitung. 

Sosialisasi kepada masyarakat tersebut berlangsung sampai ditetapkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai besaran tarif tol ruas Danowudu-Bitung.

Dengan dioperasikannya seksi terakhir jalan tol ini, maka terdapat penambahan satu gerbang tol yang akan dioperasikan, yakni Gerbang Tol (GT) Bitung.  

Kendati begitu, Direktur Utama PT JMB Charles Lendra mengimbau pengguna jalan untuk tetap membawa uang elektronik dengan saldo yang cukup sebelum memasuki gerbang tol. 

Baca Juga: Rampung Seluruhnya, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Manado-Bitung

Hal itu dikarenakan jika pengguna jalan melakukan perjalanan dari GT Bitung hingga GT Manado, maka akan tetap dikenakan tarif senilai besaran tarif Ruas Danowudu-Manado yang telah beroperasi lebih dulu pada September 2020. 

“Sebagai simulasi, pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang masuk di GT Bitung menuju Manado akan membayar tarif senilai Rp29.500 di exit GT Manado. Mekanisme ini juga berlaku untuk arah sebaliknya,” jelas Charles, dilansir dari siaran pers, Jumat (25/2/2022).

JMB berharap dengan keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung yang telah beroperasi penuh ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Utara dengan tetap mematuhi peraturan berkendara. 

“Kami berharap keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung yang telah beroperasi secara penuh ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Utara, khususnya yang berdomisili di Kota Manado, Kota Bitung dan sekitarnya, dengan tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu yang berlaku,” pungkas Charles.

Baca Juga: Pelaku Industri Tak Minat Pakai Jalan Tol Manado-Bitung

Sebelumnya, Tol Manado-Bitung Ruas Danowadu-Bitung telah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (25/2/2022).

Jokowi mengklaim, keberadaan infrastruktur ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5-2 jam menjadi sekitar 30-35 menit.

“Tadi saya meniti 35 menit, tapi enggak ngebut. Kalau ngebut saya kira 30 menit sampai,” ujar Kepala Negara.

Presiden meyakini, jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, dan juga mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Pelabuhan Internasional Bitung, dan nantinya ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang. 

Hal ini akan mendorong pertumbuhan di Sulawesi Utara.

“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional. Karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” tandasnya.

Baca Juga: Awalnya Dapat Ganti Rugi Proyek Tol Rp2 Miliar, Lalu Direvisi Jadi Rp70 Juta, Warga Gugat BPN



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x