Kompas TV nasional berita utama

Jokowi soal Agenda Transformasi Indonesia: Pemerintah Butuh Dukungan Seluruh Komponen Bangsa

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 13:58 WIB
jokowi-soal-agenda-transformasi-indonesia-pemerintah-butuh-dukungan-seluruh-komponen-bangsa
Presiden Jokowi dalam sambutannya pada ulang tahun ke-50 Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) di Istana Negara, Senin (21/2/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan agenda transformasi Indonesia tidak bisa dijalankan hanya oleh pemerintah, butuh dukungan penuh seluruh komponen bangsa, legislative, dan yudikatif. 

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung, Selasa (22/2/2022).

“Pemerintah butuh dukungan dari Mahkamah Agung dan jajaran Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri seluruh tanah air Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, peran Mahkamah Agung sebagai pengawal keadilan sangat krusial dalam mendukung transformasi Indonesia dengan menghasilkan landmark decision yang memberikan kepastian hukum yang berkeadilan bagi masyarakat.

Baca Juga: Jokowi: yang Senang Naik Mobil BBM Fosil, Jangan Pindah ke IKN Nusantara

“Yang memberikan kepastian hukum yang berkeadilan bagi para pelaku usaha dan investor yang melindungi aset aset negara dan aset aset publik lainnya, serta memberikan efek Jera bagi koruptor dan mafia-mafia hukum yang mencederai rasa keadilan,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi menambahkan model-model alternatif penyelesaian perkara perlu diterapkan untuk mengurangi beban pengadilan.

Dengan cara mengedepankan mediasi sebagai alternatif penyelesaian sengketa perdata dan mengedepankan restorative Justice untuk perkara pidana.

“Serta proses yang melibatkan pelaku korban dan pihak terkait secara profesional transparan dan akuntabel agar penegakan hukum yang berkeadilan dapat terwujud,” katanya.

Baca Juga: Said Iqbal soal JHT: Menteri Ketenagakerjaan dan Menko Perekonomian Harus Tunduk Perintah Presiden

Dalam pernyataannya, Jokowi juga berharap Mahkamah Agung terus melakukan upaya-upaya strategis dalam mengurangi hambatan hambatan hukum untuk percepatan pembangunan ekonomi.

“Antara lain melalui percepatan penanganan perkara perdata melalui mekanisme gugatan sederhana, mendorong konsistensi putusan serta melakukan reformasi pelaksanaan putusan,” tambahnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga berharap agar Mahkamah Agung tetap konsisten dalam memperkuat akses keadilan bagi kelompok rentan yakni perempuan, anak, dan penyandang disabilitas melalui penguatan peraturan layanan dan akses disabilitas di setiap lini pengadilan.

“Kami meyakini upaya penegakan hukum yang efektif oleh Mahkamah Agung akan berkontribusi mewujudkan kesejahteraan dan kestabilan sosial memperkuat sistem demokrasi dan mempercepat transformasi menuju Indonesia maju yang kita cita-citakan,” kata Presiden Jokowi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x