Kompas TV regional update corona

Tak Perlu Tunggu 24 Jam, Kini Hasil Tes Swab PCR di RSA UGM Bisa Keluar dalam 4 Jam

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 19:47 WIB
tak-perlu-tunggu-24-jam-kini-hasil-tes-swab-pcr-di-rsa-ugm-bisa-keluar-dalam-4-jam
Ilustrasi pembangunan RSA UGM, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (Sumber: Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil tes swab Polymerase Reaction Chain (PCR) semakin cepat di Yogyakarta, tidak perlu lagi menunggu 1x24 jam.

Salah satunya Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gajah Mada (UGM) yang membuka layanan tes PCR dan hasilnya bisa diterima dalam waktu 4 sampai 6 jam.

Layanan tes PCR dalam waktu cepat ini mulai beroperasi di Gedung Yudistira lantai 1 RSA UGM, Minggu (20/2/2022).

Menurut Kepala Instalasi Laboratorium Klinik Terpadu RSA UGM Riswan Hadi Kusuma, layanan baru ini mendukung peningkatan kapasitas RSA UGM melakukan deteksi Covid-19 lebih cepat kepada pasien.

Baca Juga: Jurus RSA UGM Yogyakarta Hadapi Serangan Omicron

“Layanan baru PCR dilakukan menggunakan alat deteksi yang memiliki sistem ekstraksi otomatis,” ujarnya, dalam siaran pers, Jumat (18/2/2022).

Kemampuan alat untuk melakukan ekstraksi secara otomatis ini yang memungkinkan pemrosesan sampel berlangsung lebih cepat.

Biasanya ekstraksi dilakukan secara manual oleh petugas lab dan baru dimasukkan ke alat.

“Proses ini saja sudah menghabiskan waktu dua jam, tetapi dengan alat ini proses ekstraksi bisa dilakukan di dalam alat,” ucapnya.

Saat ini RSA UGM memiliki dua alat deteksi Covid-19 dengan sistem ekstraksi otomatis, yang masing-masing mampu memproses hingga 14 sampel dalam waktu 3,5 jam.

Dalam satu shift layanan PCR, jumlah sampel yang dapat diproses mencapai 56 sampel jika mengoperasikan kedua alat itu.

Baca Juga: RSA UGM Yogyakarta Buka Layanan Vaksinasi Anak, Cek Jadwalnya

Alat ini sebenarnya hibah yang diterima RSA UGM pada akhir 2021 lalu. Sejumlah persiapan dilakukan terlebih dulu sebelum membuka layanan PCR yang lebih cepat, termasuk pembangunan lab khusus yang memenuhi standar biosafety level 2.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x