Kompas TV nasional politik

Puan: Uji Kelayakan Calon Anggota KPU Terbuka untuk Umum

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 10:05 WIB
puan-uji-kelayakan-calon-anggota-kpu-terbuka-untuk-umum
Puan Maharani pun takjub dengan Muhammadiyah di milad ke-109, begitu halnya Jenderal Sigit (Sumber: Tangkapan layar sambutan Puan di Milad Muhammadiyah)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan uji kelayakan dan kepatutan atau "fit and proper test" terhadap calon anggota KPU dan Bawaslu akan digelar secara terbuka untuk masyarakat luas mulai hari ini, Senin (14/2/22).

"Uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilaksanakan oleh Komisi II DPR RI terhadap calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu periode 2022-2027 akan dilakukan secara terbuka, transparan dan akuntabel," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Antara, Senin. 

Puas mengatakan, uji kelayakan ini dapat disaksikan terbuka melalui kanal informasi yang telah disiapkan oleh DPR RI. 

Baca Juga: Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR Sebelum Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR

"DPR RI senantiasa mengedepankan keterbukaan, yang telah menjadi visi misi kami sejak dilantik pada 2019 lalu. Publik bisa memastikan seleksi dijalankan dengan profesional, transparan, dan pastinya dengan melibatkan partisipasi dari masyarakat," katanya.

Masyarakat, kata dia, juga dapat memberikan tanggapan atau masukan melalui surat, telepon, hingga faksimile dan email yang telah disiapkan oleh Komisi II DPR.

"Setiap anggota Komisi II DPR RI akan mempertimbangkan masukan dari publik dalam pelaksanaan fit and proper test tanpa intervensi dari pihak manapun," kata dia.

Puan berharap proses uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu dapat berjalan dengan lancar.

"Saya berharap, 7 nama calon anggota KPU dan 5 nama calon anggota Bawaslu yang akan terpilih nantinya memiliki integritas yang tinggi dan kapabilitas yang mumpuni sebagai penyelenggara Pemilu," katanya.

Baca Juga: DPR Tetapkan Fit and Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu Berlangsung 3 Hari

Setiap anggota KPU dan Bawaslu terpilih, tambah Puan, harus merupakan sosok yang tangguh, independen, dan setia kepada rakyat.

Diketahui, Komisi II DPR RI akan mengelar uji kelayakan dan kepatutan kepada 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada Senin ini hingga Rabu (16/2/22).
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Politik

Hacked By LocalHos666Tx

26 Mei 2024, 23:50 WIB

Close Ads x