Kompas TV regional berita daerah

Tak ada Waktu Merawat Sapi, Titipkan di Kos-Kosan

Kompas.tv - 10 Februari 2022, 10:29 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Di Desa Kundisari, Kecamatan Kedu, Temanggung, terdapat sebuah bangunan yang fungsinya sangat unik dan berbeda dengan lainnya. Bangunan milik Muhammad Anis Fatoni tersebut digunakan sebagai kos-kosan sapi. 

 

Sebanyak 8 ekor sapi saat ini mengisi tempat kos-kosan sapi tersebut, milik orang-orang dari berbagai kota. Sapi tersebut dirawat secara baik oleh Fatoni, mulai dari memberi makan, membersihkan, hingga menjaga kesehatan hewan ternak sapi. 

 

Menurut Fatoni, kos-kosan sapi tersebut sudah berjalan sekitar 1 tahun. Total sebanyak 25 ekor sapi yang sudah menempati kos-kosan sapi tersebut. Selain sebagai perawatan sapi, kos-kosan sapi tersebut juga sering digunakan oleh warga sekitar untuk belajar memelihara sapi. 

 

Salah satu peserta pelatihan, alfian menjelaskan, dengan belajar di kos-kosan sapi tersebut mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara perawatan hewan ternak sapi. 

 

Sampai saat ini masih terbatas 8 ekor sapi yang menempati kos-kosan sapi tersebut. Dalam satu bulan, biaya operasional yang diperlukan untuk merawat hewan ternak sapi tersebut sekitar 1,6 juta rupiah, mulai dari tempat hingga makanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x