Kompas TV nasional peristiwa

Nama Jalanan di Jakut ini Diubah Menjadi Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Buyut Wapres Maruf Amin

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 09:26 WIB
nama-jalanan-di-jakut-ini-diubah-menjadi-jalan-syech-nawawi-al-bantani-buyut-wapres-maruf-amin
Jalan Syech Nawawi Al Bantani resmi digunakan ganti jalan Cacing di Jakut, beliau adalah ulama buyut dari Wapres Maruf Amin (Sumber: ANTARA/ HO-Kominfotik Jakarta Utara)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Jakarta Utara (Jakut) secara resmi memasang plang nama Jalan Syech Nawawi Al-Bantani. Sebelumnya, nama wilayah jalan ini dikenal dengan nama jalan Cakung-Cilincing Raya atau dikenal juga oleh warga Jakarta sebagai jalan Cacing, akronim dari Cakung-Cilincing.

Jalan ini terbentang sepanjang 5,9 km di Jakarta Utara. Jalanan ini menghubungkan wilayah administrasi DKI Jakarta dengan Jakarta Utara, serta Jakarta Timur.

Wilayah ini juga menjadi wilayah keturunan Syech Nawawi Al-Bantani tinggal dan berpengaruh pada penyebaran dan perkembangan Islam di wilayah Indonesia, khususnya Jakarta-Banten.  

Syech Nawawi Al-Bantani sendiri adalah seorang ulama Indonesia yang begitu berpengaruh. Beliau  merupakan salah satu dari tiga ulama Indonesia yang jadi Imam Besar di Masjidil Haram.

Syech Nawawi Al Bantani merupakan kakek buyut dari Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin.

Baca Juga: 3 Ulama Indonesia yang Jadi Imam Besar Masjidil Haram

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Jakarta Utara, Ardan Solihin, mengatakan, pemasangan plang pertama pada Senin (7/2/2022), di persimpangan jalan seberang Pos Taktis Tanah Merdeka, kedua.

Lantas, pemkot juga memasang di persimpangan Jalan Akses Marunda, serta ketiga, di persimpangan Jalan Madya Kebantenan.

"Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Utara sudah memasang tiga plang nama jalan di sepanjang Jalan Syech Nawawi Al-Bantani yang mengarah ke Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur,” kata Ardan di Jakarta Utara, Selasa dikutip Antara.

Pergantian nama Jalan Cakung-Cilincing menjadi Jalan Syech Nawawi Al-Bantani juga diresmikan langsung oleh Wapres RI bersamaan dengan kegiatan Bedah kitab Tuhfah Al-Qashi Wa Ad-Dani, Pameran Turots Ulama Nusantara, dan Launching Kompilasi 11 Kitab Ulama Nusantara, Selasa (8/1/2022).

Baca Juga: Wapres Maruf Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila, Jadi yang Pertama di Indonesia

Menurut KH Ma'ruf Amin, Syech Nawawi Al-Bantani melalui karya-karyanya menunjukkan bahwa ulama Islam Indonesia tidak kalah hebatnya dengan ulama-ulama di Timur Tengah di bidang keilmuan.

"Selain dikenal dengan kitab-kitab karyanya, Syech Nawawi memberikan andil dalam membangun karakter muslim Nusantara yang toleran, moderat, serta penuh rahmat, kasih sayang, dan welas asih," kata Ma'ruf Amin.

Pergantian nama jalan tersebut telah melalui tahap sosialisasi dan persetujuan warga sekitar.

Selain sosialisasi, Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara juga terus berupaya memperbaiki maupun merawat jalan tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x