Kompas TV nasional agama

Wapres Maruf Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila, Jadi yang Pertama di Indonesia

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 14:31 WIB
wapres-maruf-resmikan-6-rumah-ibadah-di-universitas-pancasila-jadi-yang-pertama-di-indonesia
Wapres Maruf beri sambutan di acara Universitas Pancasila dan meresmikan 6 rumah ibadah di kampus tersebut (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Universitas Pancasila )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan 6 rumah ibadah di Kampus Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, Rabu (5/1).

6 Rumah ibadah di Universitas Pancasila ini menjadikan kampus tersebut, kata Wapres Maruf, jadi universitas swasta pertama yang punya 6 rumah ibadah berbeda di Indonesia, sekaligus bukti toleransi dari dunia kampus. 

Dalam sambutan peresmian itu, Maruf juga menjelaskan soal Pancasila dan toleransi yang ada dalam diri masyarakat Indonesia.

“Pancasila jadi titik temu antara agama di Indonesia. Sebagai dasar agama, Pancasila sejajalan dengan nilai agama yag dianut masyarakat Indonesia,” papar Maruf Amin sebagaimana diikuti KOMPAS TV dari Youtube Universitas Pancasila, Rabu (5/12).

Wapres Maruf lantas mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Universitas Pancasila yang membuat 6 rumah ibadah sesuai dengan agama-agama yang ada di Indonesia.

“Saya mengapresiasi Universitas Pancasila (yang membangun) 6 rumah Ibadah di lingkungan kampus,” lanjutnya.

Enam rumah ibadah diresmikan yakni Masjid At-Taqwa, Gereja Katolik Santo Petrus, Gereja Protestan Graha Layanan Kristen, Pura Wira Santika, Vihara Dharma Sasana, dan Kelenteng Kebajikan Agung.

Baca Juga: Wapres: Indonesia Harus Bekerja Sama Mengatasi Perubahan Iklim dengan Tindakan Nyata

Ma'ruf juga menyebutkan, pembangunan enam rumah ibadah itu menjadikan Universitas Pancasila sebagai universitas swasta pertama di Indonesia yang memiliki enam rumah ibadah di lingkungan kampus.

"Pembangunan rumah ibadah agama-agama yang dibangun berdekatan saya harapkan tidak hanya menjadi simbol toleransi dan cerminan sikap saling menghargai," tambah Ma'ruf

Ia juga menambahkan, pembangunan ini juga memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama serta menjadi perekat persatuan bangsa.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Bank Wakaf Mikro Ponpes Muhammadiyah Sabilil Muttaqien

Dalam sambutannya itu, Ma'ruf menyebut pembangunan enam rumah ibadah di kampus Universitas Pancasila mengingatkannya dengan Terowongan Silaturahmi.

Terowongan tersebut, kata Maruf, menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta yang menjadi inspirasi akan terbangunnya kerukunan antar-umat beragama.

Menurut Ma'ruf, terowongan tersebut merupakan cermin kerukunan umat beragama antara satu agama dengan yang lain.

"Saya melihat adanya kebersamaan melalui terowongan dan sekarang oleh Universitas Pancasila dibuktikan dengan sekaligus membangun enam rumah ibadah," ujar Ma'ruf.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x