Kompas TV regional berita daerah

Berkonsep Kurangi Timbunan Sampah, TPS 3R Sidoarjo Lestari Diresmikan Pemkot Banjarbaru

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 06:06 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Tempat pengelolaan sampah atau TPS reduce, reuse dan recycle  yang berada di Jalan Sidoarjo,  Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru secara resmi dibuka.

Baca Juga: Klinik Lapermata Resmi Beroperasi di Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura

TPS 3R Sidoarjo Lestari yang  dikelola oleh kelompok pengelola pemanfaat dan pemelihara atau KPP Maju Bersama ini menggunakan konsep reduce, yakni upaya mengurangi timbulan sampah.

Serta sistem reuse yaitu upaya memanfaatkan kembali bahan atau barang agar tidak menjadi sampah, dan recycle yaitu menggunakan kembali bahan setelah melalui proses pengolahan.

“Konsep dari TPS 3R ini adalah tempat pengolahan daripada sampah, jadi kita diharapkan disini terjadi dulu pengolahan tempat sampahnya, jadi sampahnya tidak langsung dibuang ke TPA, kita disini mengurangi sampah dan pemanfaatannya yang tidak bisa dimanfaatkan lagi baru kita buang langsung ke TPA ,” ucap Sirajoni, Kadis Lh Banjarbaru.

Baca Juga: Warga Binaan di Banjarmasin Dibekali Workshop Body Repair

Tidak hanya dua kelurahan yang memiliki TPS 3R, kedepan pemerintah Kota Banjarbaru akan membangun di semua kelurahan yang ada di Kota Idaman.

Peresmian TPS 3R Sidoarjo Lestari ditandai dengan penandatangan dan penyerahan secara simbolis oleh Kepala Dinas lingkungan hidup disertai prosesi tapung tawar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x