Kompas TV nasional peristiwa

Ketua DPRD DKI: Sumur Resapan Tak Berguna Atasi Banjir di Jakarta, Lebih Cocok untuk Ternak Lele

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 09:28 WIB
ketua-dprd-dki-sumur-resapan-tak-berguna-atasi-banjir-di-jakarta-lebih-cocok-untuk-ternak-lele
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi saat di Gedung DPRD DKI Jakarta (Sumber: kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut pembuatan sumur resapan di Ibu Kota oleh Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria tidak efektif mengatasi banjir.

Menurut politikus PDI Perjuangan atau PDIP itu, sumur resapan tersebut baru berguna jika dimanfaatkan untuk berternak ikan lele.

Baca Juga: Wagub DKI: Terbukti Sumur Resapan Bikin Genangan Lebih Cepat Surut

Menurut dia, pembangunan sumur resapan tidak direncanakan dengan baik, sehingga tidak berguna mengatasi banjir di Jakarta. 

Terlebih, ada beberapa lokasi dibangunnya sumur resapan sejak dahulu memang tidak pernah terkena dampak banjir. Itu seperti di Jalan Sriwijaya dan kawasan Menteng, Jakarta Pusat. 

"Di sana itu aman betul sejak dahulu. Tapi sekarang dibolongin sama dia (Anies Baswedan) banyak sekali, lalu setelahnya ditinggal begitu saja,” kata Prasetyo di Jakarta pada Rabu (26/1/2022). 

“Kalau saya, cocoknya ini untuk kerja sama dengan Dinas KPKP lalu masukkan lele di dalamnya, masyarakat yang jaga dan kasih makan, itu kan jadi pendapatan juga.”

Baca Juga: Kuasa Hukum Sebut Kasus Pengeroyokan Lansia hingga Tewas Tak Ada Kaitannya dengan Sengketa Tanah

Menurut Prasetyo, tidak bisa persoalan banjir selesai dengan sumur resapan, tetapi yang paling tepat adalah melaksanakan normalisasi dan naturalisasi sungai.

"Itu yang benar, setelah tersambung dari hulu ke hilir mana yang masih kurang, itu kan nanti ketemu,” tutur Prasetyo.

“Sodetan harus ada. Jangan beli tanah di mana-mana tapi enggak dipakai. Ini ada jalur hijau malah ditebang-tebang jadi plaza, kayak di Monas.”



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x