Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Burkina Faso Bantah Terjadi Kudeta usai Terdengar Rentetan Tembakan di Barak Militer

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:02 WIB
pemerintah-burkina-faso-bantah-terjadi-kudeta-usai-terdengar-rentetan-tembakan-di-barak-militer
Tentara berdiri di luar pangkalan militer di ibu kota Burkina Faso, Ouagadougou, Minggu (23/1/2022). Saksi mata melaporkan tembakan berat di pangkalan militer, menimbulkan kekhawatiran upaya kudeta sedang berlangsung. Jubir pemerintah Alkassoum Maiga mengakui hal itu tetapi membantah terjadinya kudeta militer. (Sumber: AP Photo/Sam Mednick)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

OUAGADOUGOU, KOMPAS.TV — Suara tembakan senjata berat terdengar di sebuah pangkalan militer di ibu kota Burkina Faso, Minggu (23/1/2022) pagi. Kejadian itu memicu kekhawatiran bahwa upaya kudeta sedang berlangsung di negara itu setelah berminggu-minggu publik frustrasi dengan penanganan pemerintah terhadap pemberontakan kelompok yang mengatasnamakan Islam yang melanda negara itu.

Seperti dilansir Associated Press, Minggu, pemerintah Burkina Faso mengeluarkan pernyataan yang mengakui adanya rentetan suara tembakan di barak tentara tetapi menyangkal pengambilalihan tentara negara itu.

Presiden Roch Marc Christian Kabore belum ditahan, menurut Menteri Pertahanan Aime Barthelemy Simpore.

Penyiar negara, RTB, memuat berita utama yang menggambarkan tembakan itu sebagai "tindakan ketidakpuasan oleh tentara."

“Hierarki militer sedang bekerja memulihkan ketenangan dan kedamaian di barak-barak,” bunyi berita tersebut.

“Bertentangan dengan beberapa informasi, tidak ada institusi republik yang menjadi sasaran.”

Baca Juga: Kelompok Ekstremis Bunuh 41 Orang di Burkina Faso, Korban Termasuk Tokoh Politik Terkemuka

Peta konflik wilayah Sahel Afrika. Saksi mata melaporkan tembakan berat di pangkalan militer, menimbulkan kekhawatiran upaya kudeta sedang berlangsung. Jubir pemerintah Alkassoum Maiga mengakui hal itu tetapi membantah terjadinya kudeta militer. (Sumber: France24)

Tembakan itu terjadi sehari setelah pengunjuk rasa menuntut pengunduran diri presiden Burkina Faso di ibu kota, Ouagadougou.

Presiden Kabore akhir-akhir ini menghadapi makin tingginya kekuatan oposisi sejak pemilihannya kembali pada November 2020. Kabore memecat perdana menterinya dan merombak kabinet bulan lalu.

Kekerasan di negara Afrika Barat yang dulu damai itu meningkat seiring dengan meningkatnya serangan terkait al-Qaida dan kelompok Negara Islam.

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19