Kompas TV religi beranda islami

Seorang Ibu Hamil 7 Bulan di Depok Mau Jual Ginjal, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:55 WIB
seorang-ibu-hamil-7-bulan-di-depok-mau-jual-ginjal-bagaimana-hukumnya-dalam-islam

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

 

Melvi Monita, ibu hamil asal Depok yang nekat akan menjual ginjal untuk lunasi utang Rp1 miliar. Lantas, bagaimana hukumya dalam Islam? (Sumber: Tribun Jakarta)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Diduga karena terliliat utang, seorang ibu di Depok, Jawa Barat, berencana akan menjual ginjal demi melunasi utang tersebut. Lantas, bagaimana hukumnya dalam Islam?

Pada dasarnya, hukum menjual organ tubuh manusia dalam Islam beberapa ulama mengalami perbedaan pendapat terkait hukum tersebut.

Hal ini terkait cara pandang para ulama perihal sejauh mana tingkat maslahat (kebaikan) atau mafsadat (keburukan) dari jual beli organ tubuh manusia tersebut, serta dilandasi seberapa vital organ tersebut bagi orang itu.

“Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijiri secara jelas mengharamkan jual-beli organ tubuh manusia. Menurutnya, menjual organ tubuh dapat merusak fisik manusia,” papar Ustaz Alhafiz Kurniawan dari Lembaga Bahtsul Masail NU, seperi dikutip KOMPAS.TV di situs resmi NU, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Rugi Rp1 Miliar Gegara Bisnis Minyak Goreng, Ibu Hamil 7 Bulan di Depok Nekat Jual Ginjal

Menurut anggota Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU) tersebut, ada juga ulama yang membolehkan dengan beberapa catatan.

Di Indonesia yang kebanyakan bermazhab Syafii, ada juga yang membolehkan, tapi lebih banyak juga yang melarangnya, apalagi terkait dengan jual-beli ginjal.

“Meskipun membolehkan jual-beli organ tubuh, sebagian besar madzhab Syafi’i tetap tidak bisa menerima jual-beli ginjal. Pasalnya produk dijual hanya satu dari dua bagian ginjal. Sedangkan transaksi jual-beli separuh produk yang dapat mengurangi nilai barang itu sendiri, tidak sah,” tambahnya.

Kata Hafiz, sebagian madhzab Syafi’i mengharamkan secara mutlak jual-beli organ tubuh manusia bahkan rambut sekali pun.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19