Kompas TV nasional kesehatan

Tanpa Obat, Ini 10 Cara Alami Turunkan Kolesterol Jahat

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 11:04 WIB
tanpa-obat-ini-10-cara-alami-turunkan-kolesterol-jahat
 Tanpa obat dan hanya dengan cara alami, kolesterol dapat stabil dalam waktu 6 minggu hingga 3 bulan. (Sumber: Freepik/rawpixel)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penderita penyakit kolesterol tinggi mungkin kerap bertanya-tanya, adakah cara alami untuk menurunkan kolesterol jahat secara instan dan efektif?

Jawabannya, ada! Kolesterol dapat stabil dalam waktu 6 minggu hingga 3 bulan tanpa obat dan hanya dengan cara alami.

Suzanne Steinbaum, DO, ahli jantung di Lenox Hill Hospital di New York City, New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa semuanya dimulai dari perubahan gaya hidup.

Baca Juga: Cepat, Mudah, Murah! Ini 5 Ciri Kadar Kolesterol Anda Tinggi, Bisa Cek Sendiri di Rumah

"Saat Anda mengadopsi perubahan gaya hidup, semuanya mulai berubah, dan peningkatan yang Anda lihat pada 6 minggu sering meningkat 3 bulan," kata Suzanne, dikutip dari WebMD, Sabtu (22/1/2022).

Apabila Anda sudah rutin mengonsumsi obat kolesterol, Suzanne mengatakan bahwa dosisnya dapat dikurangi secara perlahan-lahan.

Cara alami menurunkan kolesterol jahat

1. Menghindari lemak trans

Lemak trans biasanya ditemukan di makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang (kue, kulit pie, pizza beku, dan kue kering), dan margarin batangan.

Lemak trans dapat meningkatkan tingkat LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik) sehingga risiko terkena serangan jantung dan stroke meningkat.

Baca Juga: Murah dan Manjur, 4 Bumbu Dapur Ini Ternyata Ampuh Kendalikan Kolesterol

2. Olahraga

Untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, seorang ahli jantung Sarah Samaan merekomendasikan untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu.

Mulailah dengan olahraga yang ringan selama 10 menit dan naikkan waktu berolahraga tiap harinya.

3. Makan makanan yang mengandung serat

Makanan yang mengandung serat tinggi dapat mencegah tubuh menyerap kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan serat 5-10 gram lebih banyak setiap harinya mengalami penurunan LDL.



Sumber : Kompas TV/WebMD

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.