Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kapal Pinisi dan Kapal Pesiar Akan Jadi Penginapan Penonton MotoGP Mandalika

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 14:38 WIB
kapal-pinisi-dan-kapal-pesiar-akan-jadi-penginapan-penonton-motogp-mandalika
Ilustrasi Kapal Pesiar. Pemerintah tengah mengupayakan pengadaan kapal pesiar dan kapal pinisi untuk penginapan penonton MotoGP Sirkuit Mandalika 18-20 Maret 2022. Lantaran saat ini baru ada 16.000 kamar penginapan di seluruh NTB, padahal tiket yang dijual sebanyak 63.000 tiket. (Sumber: Straits Times/Kevin Lim)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia akan menjual lebih dari 63.000 tiket, saat menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Tapi masalahnya, di Mandalika dan sekitarnya baru tersedia 16.000 kamar akomodasi. Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto menjelaskan, terkait akomodasi diakuinya Lombok masih sangat kurang.

"Akan kita tambah sesuai dengan tiket yang kita jual. Karena yang kita jual kurang lebih 63.500 tiket. Sehingga kekurangannya itu kita carikan solusi," kata Hadi seperti dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

Salah satu solusi yang dilakukan adalah mendatangkan kapal pinisi yang berasal dari dukungan Kementerian Perhubungan. Total ada 700 kapal pinisi yang akan dikerahkan selama MotoGP Mandalika 2022.

Baca Juga: Cek Kesiapan MotoGP di Lombok, Presiden Jokowi Naik Motor dari Bandara ke Sirkuit Mandalika

"Kalau rata-rata ada 5 kamar, sudah 3.500 kamar," ujarnya.

Pemerintah daerah NTB juga sudah mengirim surat ke Kemenhub, meminta disediakan kapal pesiar yang memiliki 2.000 kamar.

Selain itu pemerintah pusat maupun daerah setempat juga sudah membangun sarana hunian pariwisata (sarhunta) sebanyak 300 homestay. 50 di antaranya sudah mendapatkan sertifikat CHSE.

Selain persiapan akomodasi dilakukan juga penataan keindahan sekitar jalan bypass dari bandara menuju sirkuit Mandalika. Tujuannya agar para tamu yang ingin menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 bisa termanjakan pandangannya ketika melewati jalan tersebut.

Baca Juga: Ke NTB, Jokowi Tinjau Kesiapan Fasilitas untuk MotoGP 2022 dan KEK Mandalika Hingga Gelar Ratas

"Sedangkan di Sirkuit Mandalika sendiri sudah dilaksanakan pembenahan baik di tier satu di paddock area, kemudian tier dua di sirkuit itu sendiri dan tier 3 itu adalah khusus untuk penonton, grand stand. Dari grand stand nanti akan kita tempatkan di sekitar tempat-tempat yang dianggap viewnya bagus untuk penonton," kata Hadi.

Sebelum digunakan untuk menggelar balapan MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022. Rencananya, Tes MotoGP di Sirkuit Mandalika akan berlangsung 11-13 Februari atau sepekan setelah tes di Sirkuit Sepang, Malaysia.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x