Kompas TV nasional update corona

Ini 5 Merek Vaksin yang Dapat Izin untuk Booster, Berikut Penjelasan BPOM

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 14:00 WIB
ini-5-merek-vaksin-yang-dapat-izin-untuk-booster-berikut-penjelasan-bpom
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengadakan konfrensi pers terkait penerbitan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) Vaksin Covid 19 dosis booster atau lanjutan, pada Senin 10 Januari 2022 (Sumber: Wandi Yansen / Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk lima jenis vaksin.

Diketahui, lima jenis vaksin yang mendapat izin itu antara lain vaksin Coronavac PT Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, Zifivax.

Baca Juga: Kepala BPOM: Ada Lima Jenis Vaksin yang Diizinkan untuk Vaksinasi Covid-19 "Booster"!

Adapun kelima vaksin Covid-19 itu nantinya akan digunakan sebagai vaksin booster.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan vaksin Coronavac PT Bio Garma merupakan vaksin booster homologus yang diberikan kepada warga berusia 18 tahun ke atas.

"Pertama vaksin Coronavac PT Bio Farma ini adalah untuk booster homologus (satu jenis vaksin) akan diberikan sebanyak 1 dosis setelah 6 bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap untuk usia 18 tahun," kata Penny dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Ketua MPR Bamsoet Desak Pemerintah Berikan Vaksin Booster Gratis ke Seluruh Masyarakat

Penny menjelaskan, coronavac Bio Farma merupakan berbahan baku vaksin Coronavac yang diproduksi Sinovac, perusahaan asal China. 

Adapun Homologus berarti vaksin booster yang disuntikan sama dengan vaksin primer atau dosis pertama dan kedua. 

Penny mengatakan, vaksin Pfizer bisa diberikan untuk vaksin booster dengan pemberian 1 dosis yang bersifat homologus dan diberikan untuk usia 18 tahun ke atas.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x