Kompas TV nasional agama

Canangkan 2022 sebagai Tahun Toleransi, Menag Yaqut: Jadi Barometer Kerukunan Umat Beragama di Dunia

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 15:04 WIB
canangkan-2022-sebagai-tahun-toleransi-menag-yaqut-jadi-barometer-kerukunan-umat-beragama-di-dunia
Menag Yaqut bilang soal 2022 sebagai tahun toleransi, ini akan jadikan Indonesia barometer kerukunan umat beragama di dunia (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut C. Qoumas menjelaskan, pemerintah mencanangkan tahun 2022 ini sebagai Tahun Toleransi.

Hal ini, kata Menag, akan menjadi milestone atau pencapaian atas upaya menjadikan Indonesia sebagai barometer kerukunan umat beragama di dunia.

Hal itu diungkapkan Menag Yaqut saat memberikan sambutan dalam peresmian 6 rumah ibadah di Universitas Pancasila, Jakarta, Selatan pada hari Rabu (5/12).

"Saya meyakini Indonesia mampu, karena pada dasarnya karakter masyarakatnya adalah sangat toleran dan sangat menghargai perbedaan," ujar Menag sebagaimana diikuti KOMPAS TV dari Youtube Universitas Pancasila.

Baca Juga: Menag Yaqut Ingatkan Para Ustaz Jangan Ceramah Provokatif yang Undang Emosi

Dalam kesempatan yang sama, Menag Yaqut juga memuji Universitas Pancasila yang membuat 6 rumah ibadah di Universitas Pancasila. 

Universitas Pancasila pun jadi kampus swasta pertama yang punya 6 tempat ibadah dalam satu tempat.  Enam rumah ibadah diresmikan yakni Masjid At-Taqwa, Gereja Katolik Santo Petrus, Gereja Protestan Graha Layanan Kristen, Pura Widya Santika, Vihara Dhamma Sasana, dan Kelenteng Kebajikan Agung.

Menag pun menyambut baik pembangunan rumah ibadah di lingkungan area kampus Universitas Pancasila tersebut.

Hal ini, kata Menag, menandakan bahwa selain sebagai lembaga pendidikan tinggi tempat mengembangkan keilmuan, kampus juga memfasilitasi civitas akademika untuk mengamalkan ajaran agama dan memenuhi kebutuhan beribadah mereka sesuai dengan ajaran agama yang dipeluknya. 

"Apa yang dilakukan oleh Universitas Pancasila merupakan wujud implementasi moderasi beragama dalam bentuk toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia," tambah menag. 

Baca Juga: Wapres Maruf Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila, Jadi yang Pertama di Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x