Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Omicron Bakal Tembus Rekor, Kanada Tutup Sekolah dan Restoran Dalam Ruangan

Kompas.tv - 4 Januari 2022, 09:35 WIB
kasus-omicron-bakal-tembus-rekor-kanada-tutup-sekolah-dan-restoran-dalam-ruangan
Seorang wanita berjalan di dekat toko yang tutup di sebuah mal di Montreal, Minggu, 2 Januari 2022, saat pandemi COVID-19 berlanjut di Kanada. Pemerintah kota Ontario menutup sekolah, restoran dalam ruangan dan pusat kebugaran untuk menghambat penyebaran varian Omicron. (Sumber: Graham Hughes / The Canadian Press via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

TORONTO, KOMPAS.TV — Semua sekolah di provinsi terpadat di Kanada, Ontario, akan ditutup dan beralih ke pembelajaran online. Premier Ontario, Doug Ford mengatakan rekor jumlah infeksi virus corona dapat terjadi lagi, dipicu oleh varian omicron yang sangat menular, Senin (3/1/2022).

Premier Doug Ford juga mengumumkan penutupan restoran untuk makan di dalam ruangan. Pusat kebugaran dan bioskop juga akan ditutup dan rumah sakit juga telah diberitahu untuk menghentikan semua operasi yang tidak mendesak.

Ontario kembali menghadapi gelombang infeksi baru. Ford menunjuk pada proyeksi yang menunjukkan jumlah total pasien di rumah sakit akan melebihi kapasitas dalam beberapa minggu ke depan, karena kasus Omicron diperkirakan akan menembus rekor.

Baca Juga: Suhu Musim Dingin Mencapai Minus 50 Derajat Celsius, Pemerintah Kanada Umumkan Darurat Cuaca Ekstrem

“Kami bersiap untuk dampak terburuk,” kata Ford seperti dikutip dari The Associated Press.

Ford mengatakan mereka bersiap menghadapi "tsunami" kasus baru dan mencatat kasus baru dapat membanjiri rumah sakit. Ontario memiliki populasi lebih dari 14,7 juta jiwa.

“Mereka tidak punya pilihan,” kata Dr. Andrew Morris, seorang profesor penyakit menular di Universitas Toronto dan direktur medis Program Penatagunaan Antimikroba di Jaringan Kesehatan Sinai-University.

“Keadaan itu akan menjadi brutal dengan satu atau lain cara. Tunjukkan siapa yang tidak menghadapi kenyataan ini? Di mana saja?” ujarnya.

Morris mengatakan Amerika Serikat (AS) memiliki kapasitas rumah sakit yang jauh lebih banyak daripada Kanada. Dr. Chaim Bell, dokter penyakit dalam rumah sakit di Sinai Health di Toronto, telah mencatat bahwa Kanada memiliki salah satu dari jumlah tempat tidur rumah sakit per kapita terendah di dunia. 

Baca Juga: Vaksin Nabati Buatan Perusahaan Kanada Ini Diklaim Ampuh Lawan Covid-19

“Kami kesulitan. Bagaimana cara menambah kapasitas rumah sakit? Anda perlu menambahkan dokter dan perawat, dll. Mereka tidak muncul begitu saja," kata Morris.

Pembukaan kembali sekolah telah ditunda hingga setidaknya 17 Januari. Padahal baru minggu lalu pemerintah mengumumkan sekolah akan dibuka pada hari Rabu.

Toko ritel akan dibatasi hingga 50% kapasitas di Ontario dan pertemuan sosial dalam ruangan akan dibatasi hingga lima orang.

Langkah-langkah baru lainnya untuk membatasi penyebaran varian omicron akan dimulai pada Rabu mendatang.

 
 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x