Kompas TV internasional kompas dunia

Vaksin Nabati Buatan Perusahaan Kanada Ini Diklaim Ampuh Lawan Covid-19

Rabu, 8 Desember 2021 | 03:05 WIB
vaksin-nabati-buatan-perusahaan-kanada-ini-diklaim-ampuh-lawan-covid-19
Foto bertanggal 10 September 2021 ini menunjukkan kecambah tanaman N. Benthamiana sebagai bahan vaksin nabati di fasilitas Medicago di Quebec City, Kanada. Pada Selasa (7/12/2021), perusahaan Kanada itu menyatakan bahwa vaksin nabati produksinya menunjukkan perlindungan kuat terhadap virus corona. (Sumber: Louise Leblanc/Courtesy of Medicago via AP)

QUEBEC CITY, KOMPAS.TV – Produsen obat Kanada mengeklaim bahwa vaksin berbasis tanaman buatannya menunjukkan perlindungan kuat melawan virus corona. 

Perusahaan itu, Medicago, mengumumkan pada Selasa (7/12/2021) bahwa vaksin dua dosis buatannya 71 persen efektif mencegah penularan Covid-19 menurut studi besar tahap akhir yang dilakukannya. Pencegahan penularan itu mencakup sejumlah varian, termasuk Delta. Namun, hasil studi itu tidak memasukkan varian Omicron, yang pada saat studi dilakukan, belum beredar alias belum bermutasi.

Melansir Associated Press, perusahaan yang berlokasi di Quebec City itu akan meminta persetujuan negara segera. Medicago juga telah mulai memproses izin serupa dengan regulator di Amerika Serikat (AS), Inggris dan sejumlah negara lainnya. Selain itu, Medicago juga tengah menyiapkan untuk mengirim data mereka ke organisasi kesehatan dunia WHO.

Baca Juga: Pembuat Sotrovimab Klaim Obat Covid-19 Mereka Efektif Lawan Seluruh Mutasi Varian Omicron

Tiga orang teknisi tampak memproses tanaman N. benthamiana sebagai bahan vaksin nabati di fasilitas Medicago di Durham, Carolina Utara, Amerika Serikat (AS), pada tahun 2020. Pada Selasa (7/12/2021), perusahaan Kanada itu menyatakan bahwa vaksin nabati produksinya menunjukkan perlindungan kuat terhadap virus corona. (Sumber: Gabriel Rancourt/Courtesy of Medicago via AP)

Medicago menggunakan tanaman sebagai pabrik hidup untuk menumbuhkan partikel mirip virus yang meniru protein lonjakan yang melapisi virus corona. Perusahaan mitra dari Inggris, GlaxoSmithKline (GSK) menyumbangkan bahan kimia penambah kekebalan yang disebut adjuvant untuk vaksin.  

Meskipun beragam vaksin Covid-19 telah beredar di seluruh dunia, namun otoritas kesehatan dunia tengah mencari kandidat vaksin tambahan dengan harapan menambah pasokan vaksin di negara-negara berkembang. Seiring penyebaran varian Omicron, para ahli telah memperingatkan bahwa virus corona akan tetap menyebar selama sebagian besar dunia belum divaksin. 

Baca Juga: Penelitian di Uni Emirat Arab Simpulkan Sotrovimab Cegah 100% Kematian Pasien Covid-19 Komorbid

Studi Medicago itu melibatkan 24.000 relawan dewasa yang menerima vaksin ataupun suntikan dummy, diikuti dengan pelacakan penularan Covid-19 dan komplikasinya. Para relawan menerima dua suntikan dengan rentang waktu tiga minggu.   

Medicago juga menyebut, tak ada masalah kesehatan yang terdeteksi. Efek samping umum seperti demam atau kelelahan juga terdeteksi dalam kadar ringan hingga sedang, dan berakhir dalam tiga hari atau kurang. Hasil studi itu dirilis dalam pernyataan pers dan belum diperiksa secara independen oleh para ahli.
 

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


VOD

Ibu Kota Baru Nusantara, Gerus APBN?

Rabu, 26 Januari 2022 | 05:42 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19