Kompas TV olahraga kompas sport

Tak Lama-lama, Shin Tae-yong Sudah Siapkan Daftar Skuad untuk Piala AFF U-23 2022

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 22:49 WIB
tak-lama-lama-shin-tae-yong-sudah-siapkan-daftar-skuad-untuk-piala-aff-u-23-2022
Shin Tae-yong bersama skuad Timnas Indonesia U-23. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Shin Tae-yong telah menyiapkan daftar skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 2022.

Dalam waktu dekat, skuad Garuda muda dijadwalkan bakal melakoni Piala AFF U-23 2022 di Kamboja pada 14 hingga 26 Februari 2022 mendatang.

Pada edisi sebelumnya, tepatnya pada Piala AFF U-23 2019, Timnas Indonesia U-23 sukses menjadi juara dengan mengalahkan Thailand di babak final.

Kesuksesan pada 2019 tersebut bisa menjadi motivasi untuk mempertahankan gelar.

Baca Juga: Hasil Undian Piala AFF U-23 2022 - Timnas Indonesia Segrup dengan Malaysia, Vietnam Masuk Grup Berat

Potensi untuk kembali menjadi juara sangatlah terbuka, jika menilik penampilan Indonesia di Piala AFF 2020 yang baru saja berakhir Sabtu (1/1/2022) lalu.

Di ajang Piala AFF 2020 tersebut, Indonesia memanggil banyak para pemain muda. Bahkan timnas Indonesia menjadi tim dengan rataan usia skuad termuda (23,8 tahun).

Kendati banyak diperkuat para pemain muda, Garuda arahan Shin Tae-yong mampu melangkah hingga ke babak final.

Jika menilik lebih jauh, dari 11 pemain inti di final leg kedua kontra Thailand, 7 di antaranya masih berusia di bawah 23 tahun.

Para pemain tersebut adalah Ramai Rumakiek (19), Witan Sulaeman, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (20), Egy Maulana Vikri (21), Asnawi Mangkualam Bahar, serta Rachmat Irianto (22).

Meskipun memulai pertandingan dengan skuad muda, Indonesia sanggup menahan imbang Thailand dengan skor 2-2.

Baca Juga: PSSI Lobi Klub Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott untuk Piala AFF U-23

Hasil itu memang belum cukup untuk membuat Indonesia juara Piala AFF, sebab pada leg pertama Thailand menang 4-0.

Terlepas dari hal tersebut, penampilan apik Garuda Muda memberi harapan tersendiri bagi para penggemar timnas. Terutama dalam menyongsong Piala AFF U-23.

"Ya, kalau untuk daftar pemain tadi, Shin Tae-yong sudah saya tanya, dia bilang sudah ada untuk timnas U-23. Tadi belum siap saja, tetapi sudah keluar beberapa nama ya," sebut Iriawan, dikutip dari BolaSport.

"Sambil mereka karantina, kita bisa lakukan rapat secara Zoom. Saya bilang ke Pak Sekjen, 'Istirahat kamu dua hari, nanti kita Zoom langsung. Itu berkaitan dengan timnas U-23 karena waktu cukup mendesak."

"Shin Tae-yong jadi harus mempersiapkan pemain-pemain mana yang dipanggil," pungkas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.



Sumber : bolasport.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x