Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Mengenal Cappadocia, Viral Gegara Film Seri "Layangan Putus"

Sabtu, 1 Januari 2022 | 10:32 WIB
mengenal-cappadocia-viral-gegara-film-seri-layangan-putus
Cappadocia merupakan daerah bersejarah yang ada di Anatolia Tengah, Nevsehir, Turki. (Sumber: Unsplash/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nama Cappadocia kini ramai diperbincangkan gegara film seri Layangan Putus yang dibintangi oleh Reza Rahadian, Putri Marino, dan Anya Geraldine.

Dalam film tersebut diceritakan, Aris (Reza Rahadian) berselingkuh dari istrinya yang bernama Kinan (Putri Marino), dengan Lydia (Anya Geraldine).

Aris membawa Lydia ke Cappadocia, Turki untuk menaiki balon udara. Padahal naik balon udara di Cappadocia merupakan impian Kinan, bukan Lydia.

Baca Juga: Anya Geraldine Beberkan Risiko Nonton Layangan Putus, Apa itu?

Lantas, apa itu Cappadocia dan apa istimewanya?

Cappadocia merupakan daerah bersejarah yang ada di Anatolia Tengah, Nevsehir, Turki. Dewasa kini, daerah Cappadocia menjadi salah satu destinasi wisata para traveler dari berbagai belahan dunia.

Wilayah ini memiliki lanskap yang unik yang terlihat seperti permukaan bulan, kota bawah tanah, gereja gua, dan rumah baru.

Melansir Turkey Tourism, Sabtu (1/1/2022), lanskap unik ini terbentuk akibat hujan dangin yang mengikis selama ribuan tahun. Selain itu, penduduk di masa lampau kerap memahat batu-batu dan menggali tanah untuk dijadikan tempat tinggal.

Erupsi gunung merapi yang terjadi ribuan tahun silam, sungai yang meluap, dan angin kencang mengikis formasi geologi bebatuan di daerah ini sehingga menghasilkan bentuk yang aneh sekaligus unik.

Bentuk bebatuan ini ada yang disebut dengan fairy chimney alias cerobong peri, dan bentuk-bentuk yang menyerupai jamur, rucing, topi, hingga kerucut.

Baca Juga: Sinopsis "Layangan Putus" Dibintangi Reza Rahadian, Cocok Jadi Tontonan Akhir Pekan

Beberapa wilayah di Cappadocia juga telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO, termasuk Goreme Open Air Museum, Goreme National Park, dan the Rock Sites of Cappadocia.

Kawasan wisata ini menjadi salah satu tempat bepergian terbaik di Turki. Salah satunya karena pertunjukan balon udara yang digelar setiap hari, selama cuaca memungkinkan untuk terbang.

Banyak yang salah mengira bahwa Cappadocia hanyalah pertunjukan balon udara.

Padahal, Cappadocia memiliki segudang destinasi wisata lain yang tak kalah indah, termasuk situs warisan dunia UNESCO Goreme Open Air Museum, Zelve Open Air Museum, hingga Kymakli Underground City.

Selain itu, Lembah Ilhara, Kastil Uchisar, Kota Avanos, Devrent Valley, hingga Red Rose Valley juga bisa menjadi alternatif destinasi liburan.


Sumber : Kompas TV/Turkey Tourism

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


ROSI

Ulah Bjorka Tidak Hebat? - ROSI

Selasa, 20 September 2022 | 07:05 WIB
Close Ads x