Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Buwas: Indonesia Sudah 3 Tahun Tidak Impor Beras

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 08:54 WIB
buwas-indonesia-sudah-3-tahun-tidak-impor-beras
Dirut Bulog Budi Waseso menyatakan Indonesia sudah tidak mengimpor beras selama 3 tahun. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan, Indonesia sudah tidak mengimpor beras dalam 3 tahun terakhir. Kebutuhan cadangan beras pemerintah (CBP), mampu dipenuhi oleh cadangan produksi petani dalam negeri.

"Dalam 3 tahun terakhir, CBP tidak pernah impor. Apa yang disampaikan Bapak Presiden bahwa Indonesia sampai saat ini tidak melakukan impor selama tiga tahun terakhir, perlu saya sampaikan bahwa memang Bulog untuk CBP tidak impor," kata Budi Waseso seperti dikutip dari Antara, Rabu (29/12/2021).

Menurut pria yang biasa dipanggil Buwas ini, sepanjang 2021 Bulog mampu menyerap sebanyak 1,2 juta ton beras di tingkat petani. Hal itu sebagai upaya mengamankan harga beras agar tidak jatuh.

"Penyerapan beras dalam negeri ini sangat membantu petani Indonesia yang kesulitan menjual beras mereka selama pandemi Covid-19 dan juga mempertahankan prestasi pemerintah untuk tidak impor beras selama tiga tahun terakhir," tutur Buwas.

Baca Juga: Penerimaan Lampaui Target, Pegawai Pajak Bisa Dapat Tunjangan Hingga Rp117 Juta

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), prakiraan produksi beras nasional pada triwulan I 2022 adalah sebesar 11,61 juta ton. Bulog siap menyerap kembali produksi tersebut untuk menjaga stabilitas harga di tingkat petani. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait kecukupan stok beras dalam negeri.

"Selain untuk memupuk stok sebagai cadangan beras pemerintah, kegiatan penyerapan gabah atau beras petani dalam negeri ini juga menggerakkan perekonomian di tingkat petani," ujar jenderal purnawiran Polri dengan tiga bintang di pundaknya tersebut. 

Bulog juga menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen, dengan melaksanakan operasi pasar KPSH (ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga).

Hingga saat ini, Bulog telah menyalurkan beras KPSH hampir 700.009 ton dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Bulog juga telah menyalurkan program bantuan beras PPKM (BB-PPKM) yang diberikan kepada 28,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Intip Kesibukan Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI yang Jadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika

Di tahun kedua masa pandemi ini, Bulog juga menggelontorkan beras fortivikasi produksi sendiri yaitu Beras Fortivit di 7 provinsi untuk 2.150 balita, guna mendukung program pemerintah menurunkan prevalensi stunting.

Selain itu, Bulog juga cepat tanggap terhadap bencana nasional yang terjadi dengan menyalurkan beras tanggap darurat sebanyak 8.500 ton sepanjang 2021.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x