Kompas TV nasional update

Kronologi Lolosnya Satu Pasien Covid-19 Varian Omicron dari Karantina di Wisma Atlet

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 20:17 WIB
kronologi-lolosnya-satu-pasien-covid-19-varian-omicron-dari-karantina-di-wisma-atlet
Ilustrasi virus corona. Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto memberikan penjelasan terkait kronologi pasien positif Covid-19 varian Omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet. (Sumber: France24)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah baru saja mengumumkan, ada satu pasien Covid-19 varian Omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet, Jakarta.

Kabar itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (27/12/2021).

"Begitu semua (pendatang dari luar negeri) di-lockdown di Wisma Atlet, (kasus Covid-19 varian Omicron) tampak tidak berkembang," kata Luhut.

"Tapi, kami masih tidak tahu, apakah di daerah lain ada yang lolos atau tidak. Sebab, kemarin ada satu orang (positif Covid-19 varian Omicron) yang lolos (karantina di Wisma Atlet)," imbuhnya.

Baca Juga: Luhut Minta Kepala Daerah Siapkan Mitigasi Terpusat Terkait Covid-19 Varian Omicron

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto pun coba memberikan penjelasan terkait kronologi kejadian itu.

Awal kedatangan

Berdasarkan catatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pasien Covid-19 varian Omicron yang dimaksud itu adalah seorang perempuan yang baru pulang ke Indonesia dari Inggris.

Perempuan tersebut tiba di tanah air pada 7 Desember 2021 kemarin, dan langsung menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel di Jakarta Selatan.

Rangkaian tes yang dilakukan

Ketika sudah memasuki hari ketujuh isolasi mandiri, Hery menjelaskan, perempuan itu pun melakukan tes PCR dan hasilnya negatif.

"Kemudian sehari setelahnya (perempuan itu) merasakan gejala sakit tenggorokan," terang Hery saat menjadi narasumber KOMPAS TV dalam program Kompas Petang, Senin (27/12/2021).

Oleh karena itu, pada hari kesembilan tertanggal 15 Desember 2021, tes PCR kembali dilakukan terhadap perempuan itu dan ternyata hasilnya positif.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x