Kompas TV regional berita daerah

Ini Siasat Pengusaha Kuliner Ditengah Melambungnya Harga Cabai

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 14:28 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang pengusaha kuliner pedas di Jember Jawa Timur, menyiasati melambungnya harga cabai dengan teknik memasak secara tradisional, yakni menjemur cabai hingga kering sebelum dimasak. Cara ini dapat meningkatkan rasa pedas cabai hingga dua kali lipat.

Ismail Waskito, pemilik warung mie pedas berlevel di kawasan Rest Area Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember ini memiliki cara jitu untuk meningkatkan rasa pedas pada cabai.

Ismail menjemur cabai miliknya hingga benar-benar kering, sebelum diolah menjadi sambal.

Penjemuran hingga kering di bawah sinar matahari, dapat menghasilkan tingkat kepedasan cabai hingga dua kali lipat. Selain itu, cabai juga lebih tahan lama dan tidak mudah busuk.

Dengan cara ini, Ismail Waskito mengaku tetap tenang disaat hargai cabai melambung tinggi di pasaran. Saat ini, harga cabai bahkan menembus angka 80 ribu rupiah per kilogram.

Ismail pun tidak perlu menambah biaya produksi atau mengurangi sedikitpun takaran cabai pada menu mie pedas berlevel miliknya.

Ismail mengaku mengetahui cara ini dari seorang kenalannya yang berprofesi sebagai chef atau juru masak di kapal pesiar, yang terbiasa berlayar hingga berbulan-bulan di tengah laut.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Sayuran di Pasar Tradisional Naik

Dwi Putri, salah satu penikmat mie pedas berlevel di warung milik Ismail mengaku cita rasa pedas alami dari cabai tidak berkurang sedikit pun, meski cabe yang digunakan sudah dijemur terlebih dahulu.

Cara ini patut ditiru oleh pengusaha kuliner pedas lainnya di tengah naiknya harga cabai.

 

#tipsmemasak #cabaimahal #cabaisemakinpedas 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x