Kompas TV nasional sosial

Puan Singgung Milenial soal Pernikahan Jangan Hanya Mikir Prewedding, Edukasi Stunting juga Penting

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 14:38 WIB
puan-singgung-milenial-soal-pernikahan-jangan-hanya-mikir-prewedding-edukasi-stunting-juga-penting
Ketua DPR Puan Maharani (Sumber: Dok. Humas DPR)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak generasi muda mempersiapkan sebaik-baiknya saat merencanakan pernikahan.

Sebab pernikahan yang kurang terencana dengan baik bisa menjadi salah satu penyebab anak yang kelak dilahirkan tidak bertumbuh dengan baik atau stunting.
 
“Penyebab utama stunting sering kali dikaitkan dengan masalah kurang gizi. Tapi sebenarnya persoalan ini merupakan isu multi-dimensi yang juga membutuhkan solusi terintegrasi,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021). 

Baca Juga: Calon Pengantin Diimbau Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Demi Cegah Stunting Anak

Data Kementerian Kesehatan pada 2018 menunjukkan, satu dari tiga balita di Indonesia menderita stunting atau kurang gizi kronis. 

Sementara prevalensi stunting di Indonesia berada di urutan 115 dari 151 negara di dunia di mana tantangan yang ada, yakni terkait pengetahuan tentang gizi dan nutrisi belum merata.
 
“Edukasi seperti ini penting, jadi nanti kalau menikah, yang dipikirkan bukan hanya foto prewedding-nya, tapi juga bagaimana supaya bisa lebih sehat,” ujarnya. 

Ia menilai selama ini masyarakat terus diimbau untuk makan makanan yang baik, namun masalah sebenarnya lebih besar dari itu.

“Sering kali bukan masyarakat tidak mau makan bergizi, tapi karena kendala biaya, prioritas anggaran juga kurangnya informasi tentang gizi dan nutrisi,” kata Puan. 

Baca Juga: Pesta Pernikahan di Afghanistan Dihantam Ledakan, Dua Bocah Tewas

Mantan Menko PMK itu menyebut, peningkatan tren gaya hidup sehat di tengah masyarakat saat ini sebenarnya bisa dijadikan momentum yang baik untuk menyosialisasikan pengetahuan gizi ke seluruh lapisan masyarakat.

Hanya saja, menurut Puan, hal ini membutuhkan gotong royong semua pemangku kebijakan. 

“Bukan hanya untuk mengedukasi namun memastikan rakyat memiliki kemudahan untuk mengakses asupan bergizi,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x